x

Detik-detik Alwi Farhan 'Ngereog' dan Tembus Final Kejuaraan Dunia Junior 2023

Minggu, 8 Oktober 2023 11:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Detik-detik tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, mengamuk melawan wakil India, Ayush Shetty, dan tembus final Kejuaraan Dunia Junior 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Detik-detik tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, mengamuk melawan wakil India, Ayush Shetty, dan tembus final Kejuaraan Dunia Junior 2023.

Kapten tim bulutangkis junior Indonesia, Alwi Farhan, berhasil mengamankan tiket final Kejuaraan Dunia Junior 2023 usai mengalahkan pemain India, Ayush Shetty.

Baca Juga

Tampil di The Podium Spokane, Washington, Amerika Serikat, Minggu (08/10/23) dinihari WIB, Alwi Farhan menang atas Shetty dua set langsung dengan skor 21-18, 21-15.

Akun Spotv Indonesia secara khususnya mengunggah video saat Alwi Farhan memenangkan 2 poin terakhir untuk memastikan kemenangan di set kedua.

Diawali dengan Shetty melakukan servis yang langsung disambar beberapa pukulan smash Alwi Farhan. Smash terakhir Alwi gagal dihalau Shetty membuat wakil Indonesia itu mencapai gamepoint.

Ayush Shetty meminta ganti shuttlecock dan sebelum Alwi servis. Sang lawan mampu lakukan return service, namun Alwi tanpa ampun langsung mematikan bola dengan smash keras.

Baca Juga

Kemenangan ini bisa dibilang menjadi kejutan mengingat Alwi Farhan sempat meminta perawatan medis di tengah pertandingan.

Pergelangan tangan kiri dan pinggang Alwi disemprot penghilang nyeri. Namun ajaibnya, Alwi Farhan justru malah semakin ‘mengamuk’ menghadapi Ayush Shetty.

Bukan hanya itu, ini jadi kemenangan penting bagi Alwi Farhan. Sebab, Alwi Farhan menyusul tunggal putri Chiara Marvella Handoyo lolos ke final Kejuaraan Dunia Junior 2023.

Chiara Marvella Handoyo lebih dulu memastikan ke final usai mengalahkan wakil China, Huang Lin Ran, secara dua set dengan skor 21-17, 21-19.

Baca Juga

1. Ungkapan Syukur Alwi Farhan Usai Tembus Final

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan. (Foto: PBSI)

Alwi Farhan, usai pertandingan, mengaku sangat bersyukur karena dia bisa menyelesaikan pertandingan melawan Ayus Shetty dengan baik.

Namun demikian, dia tidak mau merasa puas karena masih harus menjalani satu laga penting untuk memperebutkan gelar juara di Spokane.

Baca Juga

“Alhamdulillah pastinya sangat bersyukur bisa menyelesaikan game dengan baik tanpa cedera. Sangat tidak menyangka juga akhirnya bisa ke babak final. Tapi nggak boleh langsung puas dulu karena masih ada pertandingan besok,” kata Alwi dari pernyataan resmi PBSI.

Sekedar informasi, pertemuan Alwi dengan Shetty kali ini merupakan yang ketiga kalinya. Di dua pertemuan sebelumnya, Alwi dan Shetty sama-sama mengantongi satu kemenangan.

“Di dua pertemuan sebelumnya kami selalu bermain rubber game dengan poin yang ketat. Di sini saya sudah tahu pola permainannya seperti apa, dan sesuai prediksi saya, lawan bermain seperti apa yang saya pikiran. Jadi strategi saya berjalan dengan lancar,” jelas Alwi.

Selanjutnya di babak final, Alwi Farhan akan menghadapi unggulan ketiga dari China, Hu Zhe An, yang lolos ke final mengalahkan wakil Prancis Alex Lanier.

Baca Juga

“Untuk besok antara Prancis dan China dua-duanya pernah ketemu, jadi saya mau fokus mau pemulihan dulu. Jaga mindset dan jaga motivasinya,” pungkas Alwi.

Alwi Farhan sebelumnya sempat bertemu sekali dengan Hu Zhe An di ajang Badminton Asia Junior Championships 2023 pada Juli lalu.

Ada pun Chiara Marvella Handoyo akan menghadapi wakil Thailand yang berstatus unggulan kedua, Pitchamon Opatniputh.

Alwi Farhan dan Chiara Marvella Handoyo merupakan dua wakil Indonesia tersisa sekaligus harapan untuk mengamankan dua gelar dari Kejuaraan Dunia Junior 2023. 

Baca Juga
BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis JuniorAlwi Farhan

Berita Terkini