x

Breaking! Alwi Farhan Cetak Sejarah Sensasional Usai Rebut Gelar di Kejuaraan Dunia Junior

Senin, 9 Oktober 2023 06:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, menciptakan sejarah langka setelah memastikan merebut medali emas atau gelar juara di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, menciptakan sejarah langka setelah memastikan merebut medali emas atau gelar juara di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2023.

Hal ini dipastikan setelah Alwi Farhan mengalahkan wakil China, Hu Zhe An, yang merupakan unggulan ketiga di partai final BWF World Championships 2023, Senin (09/10/23) pagi WIB.

Baca Juga

Bertanding di  Podium Arena, Spokane, Amerika Serikat, Alwi Farhan mengalahkan Hu Zhe An lewat drama rubber set dengan skor 21-19, 19-21, 21-14.

Selain memastikan sebagai juara, Alwi Farhan juga berhasil menciptakan sejarah baru dalam ajang paling bergengsi untuk kelas junior.

Pebulu tangkis berusia 18 tahun ini menjadi peraih medali emas pertama untuk sektor Tunggal Putra Indonesia dalam pertandingan Kejuaraan Dunia Junior.

Ini menjadi sebuah prestasi yang luar biasa mengingat Alwi Farhan harus jatuh bangun selama menghadapi Hu Zhe An di babak final.

Baca Juga

Pada set pertama, Alwi Farhan sempat ketingalan dalam perolehan skor di awal-awal hingga interval. Namun Alwi Farhan mampu menikung untuk merebut kemenangan.

Lanjut di set kedua, Alwi Farhan masih saja tertinggal dari Hu Zhe An. Namun di tengah laga, Alwi Farhan bisa mengejar perolehan skor untuk membalikkan kedudukan.

Sayangnya Hu Zhe An kembali mengejar ketertinggalan dan memaksakan laga berlanjut ke set penentuan dengan dengan menang tipis atas Alwi Farhan.

Sementara di set ketiga, Alwi Farhan dengan lancar terus memimpin perolehan poin hingga membuatnya memastikan kemenangan.

Baca Juga

1. Kilas Balik Perjalanan Alwi Farhan di Spokane

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan merengkuh gelar di Kejuaraan Dunia Junior 2023. (Foto: PBSI)

Perjalanan Alwi Farhan untuk bisa enembus final dan merengkuh gelar di Kejuaraan Dunia Junior sendiri tidak mulus-mulus amat.

Sebelumnya pada babak 64 besar, Alwi berhasil mengalahkan Jie Ying Chan asal Australia dengan skor 21-10, 21-8.

Baca Juga

Di babak 32 Besar, Alwi kembali memenangkan laga saat menghadapi Tushar Suveer asal India dengan skor 21-16, 21-19.

Di babak 16 Besar, Alwi bungkam Yuna nakagawa wakil asal Jepang dengan skor fantastis yaitu 21-5, 21-11.

Sementara di babak Quarterfinal, Alwi memenangkan laga saat menghadapi Wang Zi Jun asal China dengan skor 21-19, 21-18

Dan pada babak Semifinal, Alwi merebut tiket final, usai atasi Ayush Shetty wakil asal India dengan dua gim langsung dan memperoleh skor 21-18, 21-15.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Indonesia pun hanya bisa mengamankan satu medali emas alias gelar juara pada Kejuaraan Dunia Junior lewat Alwi Farhan.

Pasalnya, wakil Indonesia lainnya yakni Chiara Marvella Handoyo harus puas dengan medali perak setelah kalah di partai final tunggal putri.

Chiara Marvela Handoyo keluar sebagai runner-up usai dipaksa mengakui keunggulan wakil Thailand, Pitchamon Opatniputh, dua set langsung 21-11, 21-9

Sebelumnya di ajang beregu campuran atau Piala Suhandinata, tim bulutangkis Indonesia yang juga dipimpin Alwi Farhan hanya mampu meraih medali perak usai dikalahkan China di final.

Baca Juga
Kejuaraan Dunia JuniorBulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis JuniorAlwi Farhan

Berita Terkini