x

Deretan Fakta Mengejutkan Usai Alwi Farhan Rengkuh Medali Emas Kejuaraan Dunia Junior

Senin, 9 Oktober 2023 09:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Deretan fakta unik tercipta setelah tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, merengkuh medali emas di Kejuaraan Dunia Junior 2023. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Deretan fakta unik tercipta setelah tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, merengkuh medali emas di Kejuaraan Dunia Junior 2023.

Alwi Farhan merebut medali emas  setelah mengalahkan wakil China, Hu Zhe An, yang merupakan unggulan ketiga di partai final BWF World Championships 2023.

Baca Juga

Bertanding di  Podium Arena, Spokane, Amerika Serikat, Alwi Farhan mengalahkan Hu Zhe An lewat drama rubber set dengan skor 21-19, 19-21, 21-14.

Dengan hasil ini, Indonesia pun hanya bisa mengamankan satu medali emas alias gelar juara pada Kejuaraan Dunia Junior lewat Alwi Farhan.

Pasalnya, wakil Indonesia lainnya yakni Chiara Marvella Handoyo harus puas dengan medali perak setelah kalah di partai final tunggal putri.

Chiara Marvela Handoyo keluar sebagai runner-up usai dipaksa mengakui keunggulan wakil Thailand, Pitchamon Opatniputh, dua set langsung 21-11, 21-9.

Baca Juga

INDOSPORT merangkum ada empat fakta menarik dari Alwi Farhan dan tim bulutangkis Indonesia setelah ajang bergengsi bulutangkis untuk level junior tersebut.

1. Indonesia Raya Berkumandang

Momen mendebarkan berlangsung setelah Alwi Farhan resmi dikalungi medali emas, yakni lagu Indonesia Raya dikumandangkan di Spokane, Amerika Serikat.

Alwi Farhan terlihat berdiri tegap dan mengambil sikap hormat selama lagu kebangsaan Indonesia itu diperdengarkan.

Pemandangan serupa juga terjadi di tribun. Tim bulutangkis Indonesia ikut berdiri dan bersikap hormat sembali menyanyikan lagi Indonesia Raya bersama-sama.

Baca Juga

1. 2. Alwi Farhan Cetak Sejarah

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Chiara Marvella Handoyo. (Foto: PBSI)

Selain memastikan sebagai juara, Alwi Farhan juga berhasil menciptakan sejarah baru dalam ajang paling bergengsi untuk kelas junior.

Pebulu tangkis berusia 18 tahun ini menjadi peraih medali emas pertama untuk sektor Tunggal Putra Indonesia dalam pertandingan World Junior Championships.

Baca Juga

3. Alwi Farhan Tak Terkalahkan di Spokane

Alwi Farhan layak dinobatkan sebagai pahlawan Indonesia. Dia tercaat belum terkalahkan sejak penampilannya di Piala Suhandinata dan di nomor perorangan Kejuaraan Dunia Junior 2023.

Di Piala Suhandinata, Alwi Farhan mendapatkan kesempatan empat kali tampil dari babak penyisihan grup hingga partai final.

Di babak final ajang tersebut, Alwi Farhan juga bertemu dengan Hu Zhe An dan berhasil meraih kemenangan tiga set dengan skor 21-15, 19-21, 13-21.

Alwi Farhan melanjutkan tren tak terkalahkan di nomor perorangan Kejuaraan Dunia Junior. Dari babak 64 besar hingga semifinal, Alwi Farhan mampu meraih kemenangan dua set langsung.

Sementara di partai final, Alwi Farhan hanya menelan sekali kekalahan di set kedua melawan Hu Zhe An. Namun ini tak membuat trennya terputus karena Alwi Farhan keluar sebagai juaranya.

Baca Juga

3. Sektor Ganda Putri Masih Puasa Gelar

Dengan berakhirnya Kejuaraan Dunia Junior 2023 ini, maka hanya ganda putri saja sebagai sektor yang belum pernah dimenangkan oleh Indonesia sejak turnamen ini dimulai tahun 1992.

Alwi Farhan merupakan juara baru di sektor tunggal putra. Sedangkan di tunggal putra pernah dimenangkan oleh Gregoria Mariska Tunjung pada 2017.

Pada sektor ganda putra, pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin memenangkannya pada tahun 2019.

Sementara di sektor ganda campuran, Indonesia sudah pernah empat kali menang yakni oleh Alfian Eko Prasetyo/Gloria Emanuelle Widjaja (2011), Edi Subaktiar/Melati Daeva Oktavianti (2012), Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (2017), dan Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil (2019).

Baca Juga
Kejuaraan Dunia JuniorTRIVIABulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis JuniorAlwi FarhanChiara Marvella Handoyo

Berita Terkini