x

Profil Chiara Marvella Handoyo, Si Cantik yang Curi Perhatian di Kejuaraan Dunia Junior

Senin, 9 Oktober 2023 08:24 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Mengenal lebih jauh bintang muda bulutangkis, Chiara Marvella Handoyo, yang berhasil mencuri perhatian di Kejuaraan Dunia Junior 2023.

INDOSPORT.COM – Mengenal lebih jauh bintang muda bulutangkis, Chiara Marvella Handoyo, yang berhasil mencuri perhatian di Kejuaraan Dunia Junior 2023.

Chiara Marvella Handoyo sukses mendapat atensi yang tinggi dari penggemar bulutangkis (Badminton Lovers) di Kejuaraan Dunia Junior yang dihelat di Spokane, Amerika Serikat.

Baca Juga

Namanya melambung usai melaju ke semifinal setelah mengalahkan Juara Dunia bertahan asal Jepang yakni Tomoka Miyazaki dengan skor 21-14, 18-21, 22-20.

Bahkan, di babak semifinal ia juga berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan wakil China, Huang Linran dan berhasil melaju ke partai pemungkas.

Sayangnya, di babak final Chiara harus puas meraih medali perak usai dikalahkan unggulan pertama asal Thailand, Pitchamon Opatniputh dengan skor 11-21, 9-21.

Baca Juga

Kendati demikian, hasil di Kejuaraan Dunia Junior menjadi catatat positif bagi dirinya yang baru pertama kali debut dan berhasil meraih medali perak.

Apalagi ia menjadi tunggal putri ketiga Indonesia yang berhasil melaju ke final Kejuaraan Dunia Junior setelah terakhir kali Gregoria Mariska (2017) dan Maria Kristin (1992).

Chiara Marvella Handoyo sendiri bisa menjadi tunggal putri harapan Indonesia pada masa depan dengan berbagai prestasi yang berhasil ia torehkan.

Tercatat, ia telah mengoleksi berbagai gelar juara seperti di Borders International U-19 2022 serta Luxembourg Open 2022.

Selain itu, Chiara Marvella juga berhasil keluar sebagai runner-up di Daihatsu Astec U13, U15, U19 2019 serta di Lithuanian International 2023.

Sementara itu, mari mengenal lebih jauh tentang Chiara Marvella Handoyo yang tampil gemilang di Kejuaraan Dunia Junior 2023 yang dapat sobat INDOSPORT simak di halaman selanjutnya.

Baca Juga

1. Sekilas Chiara Marvella Handoyo

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Chiara Marvella Handoyo. (Foto: PBSI)

Lahir di Klaten pada 14 Juni 2005, Chiara Marvella Handoyo merupakan pebulu tangkis spesialis tunggal putri yang saat ini genap berusia 18 tahun.

Ia tergabung di klub PB Djarum yang terkenal melahirkan bintang-bintang bulutangkis Indonesia seperti Kevin Sanjaya hingga Mohammad Ahsan.

Baca Juga

Diketahui, Chiara saat ini berada di peringkat 355 di ranking BWF untuk kategori senior serta peringkat 70 untuk kategori junior.

Sebelum tampil gemilang mengalahkan Juara Dunia 2022 Tomoka Miyazaki di Kejuaraan Dunia Junior 2023, Chiara tampil cukup mengesankan di beberapa turnamen terakhir.

Salah satunya adalah di Luxembourg Open 2022, Chiara Marvella Handoyo yang berstatus sebagai pemain kualifikai itu berhasil keluar sebagai juara.

Kala itu, Chiara berhasil menaklukkan rekan senegara yakni Aura Ihza Maulia di partai final Luxembourg Open 2022 dengan skor 21-9, 21-9.

Tak hanya itu, Chiara juga berhasil mengalahkan beberapa pemain unggulan seperti Nadia Choukri (6) di babak 32 kualifikasi besar serta Helis Pajuste (7) di babak 16 besar utama.

Baca Juga

Kiprahnya semakin gemilang pada musim 2023 dibuka dengan keluar sebagai runner-up di Lithuanian International 2023 usai dikalahkan kompatriot, Deswanti Hujansih Nurtertiati.

Hasil ini menjadi titik balik keganasan Chiara di Kejuaraan Dunia Junior 2023 dengan berhasil keluar sebagai runner-up dan meraih medali perak.

Sementara itu, Chiara juga berhasil meraih beragam prestasi lainnya seperti semifinalis Djarum Sirnas Premier Jawa Tengah 2019 hingga juara Yuzu Isotonic Akmil 2020.

Dengan torehan prestasi yang luar biasa tersebut, Chiara Marvella Handoyo berhasil mendapat pujian BWF usai mengalahkan Tomoka Miyazaki di Kejuaaraan Dunia Junior 2023.

BWF di laman resminya menulis headline, “Kejuaraan Dunia Junior: Perjalanan Luar Biasa Handoyo Penakluk Juara Bertahan Miyazaki.”

“Tunggal putri asal Indonesia, Chiara Marvella Handoyo menaklukkan juara bertahan Tomoka Miyazaki, menggagalkan tiga matchpoint lawan untuk lolos semifinal Kejuaraan Dunia BWF 2023,” sambung BWF.

Baca Juga
In Depth SportsBulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis JuniorIndepthChiara Marvella Handoyo

Berita Terkini