x

Ketiban Durian Runtuh, Shesar Hiren Rhustavito Paling Ditunggu BWF di Arctic Open 2023

Selasa, 10 Oktober 2023 15:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito, paling ditunggu penampilannya oleh BWF setelah mendapatkan durian runtuh di ajang bulutangkis Arctic Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Tunggal putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito, paling ditunggu penampilannya oleh BWF setelah mendapatkan durian runtuh di ajang bulutangkis Arctic Open 2023.

Shesar Hiren Rhustavito sejatinya harus melewati babak kualifikasi pada turnamen BWF World Tour Super 500 Arctic Open 2023 yang digelar di Energia Areena, 10-15 Oktober nanti.

Baca Juga

Namun, pemain berperingkat 36 dunia tersebut kejatuhan berkah langsung promosi ke babak utama setelah salah satu pemain memutuskan mundur.

Pemain yang memutuskan mundur tersebut adalah Misha Zilberman. Belum diketahui pasti alasan mundurnya tunggal putra asal Israel tersebut.

Lolosnya Shesar Hiren Rhustavito ke babak utama Arctic Open 2023 ini lantas mendapat sambutan positif dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

BWF menyebutkan bahwa Shesar Hiren Rhustavito akan menjadi ujian yang lebih sulit bagi unggulan ketujuh, Kanta Tsuneyama, dari Jepang.

Baca Juga

Ya. Shesar Hiren Rhustavito akan mengawali kiprahnya di Vantaa, Finlandia, dengan menghadapi Kanta Tsuneyama di babak 32 besar pada hari Rabu (11/10/23) besok.

“Karena mundurnya Misha Zilberman, unggulan ketujuh Kanta Tsuneyama kini menghadapi tantangan yang lebih sulit melawan pemain Indonesia Shesar Hiren Rhustavito di babak pembuka Arctic Open 2023,” tulis BWF.

BWF kemudian menjelasan alasan pertandingan antara Shesar Hire Rhustavito melawan Kanta Tsuneyama menarik untuk dinantikan di turnamen Arctic Open.

Shesar Hiren Rhustavito baru saja menjalani comeback-nya di Australia Open setelah absen selama lima bulan akibat cedera.

Baca Juga

1. Shesar Hiren Tengah Bangkit

Tunggal putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito di laga perdana All England pada Selasa (14/3/2023) waktu Inggris. (Foto: PBSI)

Karena absen di sejumlah turnamen selama cederanya itu, Shesar Hiren yang pernah menduduki peringkat 17 dunia kini lengser ke peringkat ke-36.

Namun demikian, Shesar Hiren Rhustavito tidak akan gentar menghadapi Kanta Tsuneyama di pertandingan pembuka Arctic Open kali ini.

Baca Juga

Di atas kertas, Shesar Hiren memang masih kalah dari Kanta Tsuneyama. Satu-satunya pertemuan terjadi di  Piala Tong Yun Kai  2019.

Namun, kini Shesar Hiren Rhustavito sudah lebih banyak pengalaman bertanding sehingga bukan tidak mungkin dia bakal revans dari kekalahan tersebut.

Shesar Hiren Rhustavito sendiri sempat tampil impresif di China Open 2023, meski ia hanya menjadi cadangan ketika Kunlavut Vitidsarn mundur dari turnamen level Super 1000 itu.

Walau belum sempat menjajal Changzhou Olympic Sports Center Gymnasium, lokasi China Open 2023, Shesar Hiren Rhustavito justru berhasil melaju jauh sampai 8 besar.

Baca Juga

Sayangnya pemain yang akrab disapa Vito itu harus bertemu rekan senegara dan juga salah satu unggulan, Jonatan Christie, sehingga ia pun kandas dengan skor 21-12, 21-17.

Di turnamen sesudahnya, yakni Hong Kong Open, Shesar Hiren Rhustavito terpaksa memutuskan mundur karena cederanya kambuh.

Usai dinyatakan pulih, Shesar diboyong tim bulutangkis Indonesia ke Asian Games 2022 sebagai kapten meski tidak sempat memainkan pertandingan di nomor beregu. 

Selain Shesar Hiren Rhustavito, Indonesia menurunkan Chico Aura Dwi Wardoyo di nomor tunggal putra untuk turnamen Arctic Open 2023.

Baca Juga
BWFMisha ZilbermanShesar Hiren RhustavitoBulutangkisArctic Open

Berita Terkini