x

BAM Kembali Bajak Pelatih Indonesia Gantikan Legenda Bulutangkis Malaysia Misbun Sidek

Jumat, 13 Oktober 2023 14:20 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) kembali bajak pelatih Indonesia gantikan legenda Malaysia, Misbun Sidek.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) kembali bajak pelatih Indonesia gantikan legenda Malaysia, Misbun Sidek.

Dilansir dari media Malaysia, The Star, ada pelatih Indonesia yang akan bergabung dengan Malaysia guna menguatkan tim bulutangkis junior.

Baca Juga

Pelatih berpaspor Indonesia itu diketahui merupakan seorang mantan pebulu tangkis yang aktif bermain antara 1996-2006 dan menjadi yang terdepan dalam menggantikan Datuk Misbun Sidek sebagai direktur kepelatihan junior nasional.

Kontrak Misbun kabarnya diakhiri sebelum waktunya menyusul penampilan jeblok tim Malaysia di Kejuaraan Asia Junior yang mana mereka gagal menjuarai satu pun medali untuk pertama kalinya.

Misbun Sidek memang berminat untuk mengakhiri pekerjaannya dengan di Kejuaraan Junior Dunia yang baru saja berakhir di Spokane, Washington, Amerika Serikat.

Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) sebenarnya menawarkan pekerjaan direktur pelatih junior nasional kepada sang legenda itu.

Baca Juga

Akan tetapi, Misbun Sidek menolaknya dan mengatakan dia terbuka untuk menjadi pelatih di luar negri sehingga BAM jelas perlu mencari penggantinya.

Pengganti Misbun dikabarkan berasal dari Indonesia yang pernah meraih gelar juara di ajang Asia serta pernah melatih Singapura dan Indonesia.

Penunjukkan pengganti Misbun Sidak bakal ini kabarnya akan diumumkan pada rapat dewan BAM besok Sabtu (14/10/23).

Sementara itu, pelatih asal Indonesia lainnya yang saat ini berkarier di Malaysia adalah Rexy Mainaky (direktur kepelatihan nasional) dan Nova Widianto (pelatih ganda campuran).

Baca Juga

1. Kiprah Rexy Mainaky dan Nova Widianto

Pelatih bulutangkis, Rexy Mainaky.

Setelah sebelumnya hanya mengemban tanggung jawab sebagai pelatih kepala ganda, Rexy Mainaky kini juga menjabat sebagai direktur kepelatihan nasional.

Rexy Mainaky sendiri menunjukkan ketegasan berkelasnya dengan tak segan mencoret pemain bulutangkis Malaysia seusai jeblok di Asian Games 2022.

Baca Juga

Pasalnya, Malaysia harus puas dengan satu raihan perunggu yang disumbang Aaron Chia/Soh Wooi Yik seusai dikandaskan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di semifinal.

Di sisi lain, Lee Zii Jia dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan harus rontok massal dan gagal mendapatkan medali Asian Games 2022.

Oleh karena itu, Rexy Mainaky secara tegas mengatakan tidak akan mempertahankan pemainnya yang tidak punya proges seusai ajang Asian Games 2022.

“Kami akan mempertahankan pemain-pemain bagus dan mencoret mereka yang menghambat kemajuan kami,” ujar Rexy Mainaky.

Baca Juga

“Saya sudah berdiskusi dengan pelatih dan manajemen bahwa kami akan meninjau ulang seluruh program kami,” sambungnya.

“Saya berharap para pemain juga menyadari hal ini, karena kami, para pelatih dan manajemen, hanya bisa berbuat banyak, sisanya ada pada mereka,” pungkas Rexy Mainaky.

Sementara itu, Nova Widianto berjasa mengantarkan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei meraih juara di Taipei Open 2023 mengalahkan Chiu Hsiang Chieh/Lin Xiao Min (Chinese Taipei) dengan skor 21-12, 21-8.

Baca Juga
Misbun SidekBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)

Berita Terkini