x

Agung Firman Mengaku Bertanggung Jawab atas Hasil Memalukan Asian Games, Mundur?

Selasa, 17 Oktober 2023 19:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Agung Firman Sampurna, selaku Ketua Umum PP PBSI, mengaku bertanggung jawab atas hasil memalukan tim bulutangkis Indonesia di Asian Games 2022 di Hangzhou. Foto: Humas PP PBSI

INDOSPORT.COM - Agung Firman Sampurna, selaku Ketua Umum PP PBSI, mengaku bertanggung jawab atas hasil memalukan tim bulutangkis Indonesia di Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

“Saya menyatakan sepenuhnya bertanggung jawab, terkait beberapa prestasi kita dalam tiga bulan belakangan ini, khususnya di Asian Games,” ujar Agung Firman Sampurna.

Baca Juga

“Kita memang mengalami masalah penurunan prestasi, dan penanggung jawab terbesar adalah saya sebagai ketua umumnya," tambahnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Agung dalam Rapat Pleno PP PBSI 2023 yang berlangsung di Ruang Serbaguna, Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, Senin (16/10/23).

Agung Firman Sampurna merilis pernyataan ini setelah dirinya dicari-cari oleh para penggemar bulutangkis yang amat kecewa dengan prestasi buruk Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah gagal membawa pulang satu pun medali di pesta olahraga bergengsi se-Asia tersebut.

Baca Juga

Padahal sebelumnya PP PBSI sudah menargetkan setidaknya meraih 3 medali, yang hampir menyamai torehan mereka saat edisi Jakarta-Palembang pada 2018 silam.

Pada edisi Asian Games 2022, tim beregu baik putra dan putri kompak terhenti di babak perempat final, sedangkan di nomor perorangan, 3 wakil tersisa juga kandas di babak perempat final.

PBSI, melalui Kabid Binpres Rionny Mainaky, sejatinya sudah menyampaikan permintaan maaf atas hasil buruk Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan kawan-kawan.

Namun ungkapan maaf tersebut ternyata tidak membuat Badminton Lovers puas. Bahkan, mereka ingin Agung Firman Sampurna menyampaikan permintaan maaf langsung di hadapan publik.

Baca Juga

1. Agung Firman Sampurna Mundur dari Ketum PBSI?

Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna membuka Piala Presiden Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Agung Firman Sampurna pun akhirnya buka suara awal pekan ini dengan berjanji akan membenahi manajemen. Namun, tetap saja pernyataannya mengundang kontroversi.

Badminton Lovers melalui kolom komentar di unggahan PBSI di Instagram merasa janji tersebut hanyalah pemanis agar terkesan bertanggung jawab.

Baca Juga

Beberapa Badminton Lovers justru berharap Agung Firman Sampurna bertanggung jawab dengan mengundurkan diri dari jabatan Ketum PBSI.

“Ini hanya sebagai pemanis kata aja, biar terkesan bertanggung jawab, kalau benar bertanggung jawab knp merusak tradisi medali AG, ingat perdana merusak tradisi badminton indonesia adalah anda dan jajaran anda,” tulis @riyanfaisal

“Asian Games nihil gelar, ketua umum PP PBSI mengundurkan diri. Kirain mah gitu” @dhella.sushi menambahkan komentarnya.

“Rombak semuanya, klo bertanggung jawab mundurlah bapak ketum terhormat, berikan kepada yang lain untuk melanjutkan,, butuh penyegaran di tubuh PBSI,” tulis @andriansyah9869

“Gagal = Mundur kecuali urat malunya g ada atau cari makan di sini,” tulis @kang_bonny.

Baca Juga

“Kalo mau bentuk pokja menuju olimpiade seharusnya sudah dimulai sejak perhitungan poin race to olympic dimulai, bukan baru sekarang. Fokus, lebih serius, dan berjuang habis-habisan juga bukan cuma buat olimpiade, tapi untuk semua perlombaan internasional dong,” tulis @jeight9_rs

Alih-alih mundur dari jabatan Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna justru memutuskan untuk membentuk tim kelompok kerja dan satuan tugas menuju Road to Olympics Paris 2024.

Hal ini dilakukan guna mempertahankan tradisi merebut medali emas Olimpiade. Seluruh daya dan upaya, semuanya akan dicurahkan untuk meraih sukses di Paris tahun depan.

Rapat pleno pun sepakat dengan penunjukkan Fadil Imran sebagai Ketua Kelompok Kerja dan Satuan Tugas Road To Olympics Paris 2024 tersebut.

Pada edisi Olimpiade Tokyo yang digelar 2021 kemarin, bulutangkis Indonesia mampu mempersembahkan dua medali yakni emas oleh ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan perunggu oleh Anthony Sinisuka Ginting. 

Baca Juga
Asian GamesPBSIBulutangkisAgung Firman SampurnaAsian Games 2022

Berita Terkini