x

Hitung-hitungan Ranking BWF Fajar/Rian yang Terancam Melorot Lagi Jika Tak Juara Denmark Open

Selasa, 17 Oktober 2023 05:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
Ranking BWF Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kembali dipertaruhkan di Denmark Open 2023. Posisi mereka terancam melorot lagi jika gagal mempertahankan gelar juara. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ranking BWF Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kembali dipertaruhkan di Denmark Open 2023. Posisi mereka terancam melorot lagi jika gagal mempertahankan gelar juara.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan tampil di turnamen bulutangkis Denmark Open 2023 yang akan diselenggarakan di Odense, mulai 17-22 Oktober mendatang.

Baca Juga

Ini akan menjadi turnamen pertama mereka sejak lengser dari posisi no.1 ranking BWF oleh pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Fajar/Rian diharapkan mampu mempertahankan gelar juara edisi tahun lalu. Beban pun semakin berat karena Fajar/Rian masih berstatus unggulan pertama di Denmark Open 2023.

Menilik dari perolehan poin Fajar/Rian di ranking BWF per Selasa (17/10/23) besok, baik buruknya hasil yang didapat di Denmark Open juga akan mempengaruhi posisi pasangan itu.

Pasalnya, Fajar/Rian yang mengoleksi 89.991 poin hanya berjarak kurang dari 1000 poin dari ganda putra no.3 dunia, yakni Liang Wei Keng/Wang Chang.

Baca Juga

Menurut perhitungan seorang Badminton Lovers di Twitter, @andrepradana27, Fajar/Rian bisa melorot ke peringkat 3 ranking BWF digusur Liang/Wang dengan hitung-hitungan berikut ini:

- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal mempertahankan gelar juara Denmark Open 2023 apapun hasil yang diraih oleh Liang Wei Keing/Wang Chang.

- Liang/Wang minimal bisa sampai ke babak semifinal meskipun Fajar/Rian mampu mempertahankan gelar juara Denmark Open 2023.

Melihat hitung-hitungan tersebut, maka bisa dikatakan peluang Fajar/Rian  bertahan di ranking 2 dunia sangatlah kecil jadi jalan satu-satunya hanyalah mempertahankan gelar juara Denmark Open.

Baca Juga

1. Kans Fajar/Rian Mempertahankan Gelar Denmark Open

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di badminton perorangan Asian Games 2022. (Foto: PBSI)

Hanya saja, hasil drawing menunjukkan bahwa Fajar/Rian akan hadapi jalan terjal di Denmark Open 2023. Mereka akan bersua Li Ching-yao/Yang Po-han di babak pertama.

Jika mulus ke babak berikutnya, Fajar/Rian juga dinanti lawan kuat di pool atas, mulai dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Lee Yang/Wang Chi-lin, serta Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Baca Juga

Sementara di pool bawah juga ada sejumlah lawan kuat, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, dan Liang Wei Keng/Wang Chang.

Meski berstatus unggulan pertama, namun statistik di atas keras tidak mendukung Fajar/Rian mewujudkan harapan tersebut.

Pasalnya, Fajar/Rian mencatatkan tren minor pada penampilannya sejak terakhir kali menjuarai All England 2023. Performa mereka benar-benar mlempem.

Mereka kandas di babak pertama Malaysia Masters dan Singapore Open 2023 berturut-turut. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga gugur pada babak 32 besar BWF World Championship 2023 di Denmark.

Baca Juga

Kutukan itu berlanjut, Fajar/Rian tumbang di babak pertama China Open 2023, kemudian gagal membawa tim putra Indonesia meraih medali di Asian Games 2022 Hangzhou.

Sementara di nomor individual Asian Games 2022, Fajar/Rian hanya mentok di babak perempat final, sehingga gagal membawa pulang medali.

Lain dengan Liang Wei Keng/Wang Chang yang menunjukkan performa kebangkitan sepanjang musim ini, dengan memenangkan gelar China Open, Thailand Open, India Open, serta runner-up Malaysia Open, Singapore Open.

Sekedar informasi, Liang Wei Keng/Wang Chang di babak pertama Denmark Open 2023 akan berhadapan dengan pasangan Denmark, Rasmus Kjaer/Frederik Soogard.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoDenmark OpenBulutangkisLiang Wei Keng/Wang ChangRanking BWF

Berita Terkini