x

Tak Perlu Berharap, Bagas/Fikri Kalah atau Menang Fajar/Rian Tetap Turun Peringkat

Minggu, 22 Oktober 2023 12:03 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Terlepas Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri kalah atau juara di Denmark Open 2023, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tetap turun peringkat.

INDOSPORT.COM – Terlepas Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri kalah atau juara di Denmark Open 2023, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tetap turun peringkat.

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri baru saja lolos ke final Denmark Open selepas mengalahkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan skor 21-11, 16-21, 21-12 di semifinal.

Baca Juga

Di laga final, Bagas/Fikri akan melawan unggulan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, yang pastinya merupakan partai yang tidak mudah bagi kedua kubu.

Namun, terlepas Bagas/Fikri atau Aaron/Soh yang menang di partai puncak Denmark Open 2023 nanti, terbesit satu pertanyaan apakah Fajar/Rian akan turun peringkat.

Nyatanya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto justru akan makin terpeleset setelah Denmark Open 2023 seperti sebagaimana disampaikan oleh Badminton Talk melalui X.

Sebagai pengingat, Fajar/Rian saat ini menghuni ranking 2 BWF sektor tunggal putra di bawah Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) dan di atas Liang Weikeng/Wang Chang (China).

Baca Juga

Bila Chia/Soh juara, Denmark Open 2023 akan menjadi gelar World Tour pertama dunia dan berhak naik satu peringkat di ranking ketiga BWF, sementara FajRi akan terperosok ke peringkat keempat.

Di sisi lain, jika BaKri juara, Denmark Open akan menjadi gelar WT pertama pada 2023 ini dan yang pertama sejak All England 2022.

Bagas/Fikri, yang menghuni ranking 14 BWF, akan mendekati posisi 10 besar, sementara Fajar/Rian akan lengser ke peringkat ketiga dunia dan Chia/Soh tetap di posisi empat.

Namun, apabila berandai-andai Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi juara di Denmark Open 2023, apakah mereka bisa kembali ke ranking 1 BWF?

Baca Juga

1. Fajar/Rian Tak Bertakhta di Ranking 1 Meski Juarai Denmark Open

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Denmark Open 2023 (Foto: PBSI)

Setelah banyak penggemar bulutangkis yang senang seusai Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lengser dari takhta ranking 1 BWF, terbesit satu pertanyaan apakah mereka bisa kembali ke puncak seusai Denmark Open 2023.

Usut punya usut, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tidak akan kembali bertakhta di ranking 1 BWF sekali pun menjuarai Denmark Open 2023.

Baca Juga

Pasalnya, FajRi di Denmark Open ini berstatus sebagai juara bertahan sehingga mereka tidak akan mendapatkan poin seandainya menjuarai ajang super 750 itu.

Satu hal yang pasti, perolehan poin Fajar/Rian pastinya akan berkurang karena mereka gagal mempertahankan gelarnya di Denmark Open.

Sekadar informasi, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengoleksi 90.129 poin per perhitungan ranking BWF pada (17/10/23).

Namun, Badminton Talk sendiri sudah menghitung bahwa perkiraan poin Fajar/Rian akan menjadi 86.829 seusai Denmark Open 2023 selesai.

Baca Juga

Hal ini berarti memang sudah dipastikan bahwa FajRi dipastikan kian lengser selepas Denmark Open 2023 super 750 selesai.

Terlepas dari hal itu, mantan ranking 1 BWF ganda putra itu kini dapat berfokus pada ajang selanjutnya, yaitu French Open 2023.

Sekadar informasi, French Open 2023 nantinya dilaksanakan pada 24 sampai 29 Oktober di Rennes, Prancis, yang bertajuk super 750.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoDenmark OpenBulutangkisBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Berita Terkini