x

Gebuk Lu Ching Yao/Yang Po Han, Ahsan/Hendra Susul Fajar/Rian ke 16 Besar French Open 2023

Selasa, 24 Oktober 2023 16:41 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Hong Kong Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Hasil bulutangkis French Open 2023, Selasa (24/10/23), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan lolos ke babak 16 besar.

Ajang bulutangkis French Open 2023 digelar pada pekan ini di Glaz Arena, Rennes, Prancis. Sebanyak 8 pemain Indonesia dijadwalkan berlaga pada hari pertama, Selasa (24/10/23), termasuk Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Baca Juga

Pasangan berjuluk The Daddies ini menghadapi wakil Chinese Taipei, Lu Ching Yao/Yang Po Han, di partai ke-2 Lapangan 4. Ahsan/Hendra pun lolos dari adangan pertama usai membukukan kemenangan 21-17, 21-16 atas Lu/Yang.

Hasil ini membuat Ahsan/Hendra menyusul Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yang sudah terlebih dahulu memastikan kelolosan ke babak 16 besar French Open 2023.

Ahsan/Hendra mengawali gim pertama dengan cukup baik. Mereka selalu unggul atas Lu/Yang hingga akhirnya membukukan skor 11-9 saat interval.

Usai jeda, Lu/Yang mencoba membalik keadaan. Mereka pun menyamakan kedudukan menjadi 11-11, meski Ahsan/Hendra akhirnya bangkit dan menguasai kembali jalannya permainan.

Baca Juga

Gim pertama pun ditutup dengan keunggulan 21-17 untuk pasangan Indonesia. Satu kaki The Daddies pun kini telah memijak babak 16 besar French Open 2023.

Lu/Yang pun mencoba bangkit di gim kedua. Mereka sukses menyabet 4 angka beruntun untuk membalik ketertinggalan 1-3 menjadi unggul 5-3. Ini sekaligus menjadi kali pertama Lu/Yang unggul di laga ini.

Beruntung, Ahsan/Hendra tak tinggal diam. Perlahan namun pasti, mereka berhasil menambah angka hingga akhirnya unggul 11-10 saat interval.

Sejak itu, Ahsan/Hendra makin tak terbendung. Mereka terus menambah angka hingga akhirnya menutup gim kedua dengan skor 21-16 sekaligus memastikan kemenangan. 

Baca Juga

1. Berpeluang Hadapi Ganda Putra Nomor 1 Dunia

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di badminton perorangan Asian Games 2022. (Foto: PBSI)

Kemenangan Ahsan/Hendra atas Lu/Yang membuat mereka berpeluang menghadapi lawan kuat di babak 16 besar, yakni ganda putra nomor satu dunia, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Pasangan asal India tersebut sendiri masih harus menghadapi wakil tuan rumah, Lucas Corvee/Ronan Labar untuk menggenggam tiket babak 16 besar.

Baca Juga

Kalaupun bisa menang atas Rankireddy/Shetty, perjuangan Ahsan/Hendra masih cukup berat. Mereka masih berpeluang menghadapi sederet lawan berat, mulai dari Liu Yuchen/Ou Xuanyi, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel, hingga Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di perempat final.

Namun, jika berhasil mengatasinya, Ahsan/Hendra berpeluang mewujudkan All Indonesian Semifinal bersama Fajar/Rian. Tentu, dengan catatan Fajar/Rian juga mampu melangkah ke semifinal.

Di atas kertas, lawan yang harus dihadapi Fajar/Rian sedikit lebih mudah. Pasalnya, di babak 16 besar, duo FajRi "hanya" berpeluang menghadapi Christopher Grimley/Matthew Grimley atau Daniel Lundgaard/Mads Vertergaard.

Situasi ini membuat Fajar/Rian seharusnya bisa mencapai babak perempat final French Open 2023. Di babak ini, mereka berpeluang menghadapi sederet lawan berat, seperti Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen atau Akira Koga/Taichi Saito.

Baca Juga

Indonesia sendiri masih berpeluang menambah amunisi di babak 16 besar French Open 2023, mengingat sederet wakil masih akan bertanding pada hari ini.

Namun, satu tiket tambahan ke 16 besar untuk Skuat Merah Putih telah berhasil diamankan setelah dipastikan terjadi Derby Indonesia di nomor ganda putri.

Dua wakil ganda putri Indonsia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi akan bertemu di partai ke-3 Lapangan 4.

Indonesia juga masih punya dua pemain unggulan yang akan berlaga hari ini, yakni Jonatan Christie dan Gregoria Mariska Tunjung, yang diharapkan mampu memetik kemenangan. 

Baca Juga
Mohammad Ahsan/Hendra SetiawanFrench OpenBulutangkisBerita BulutangkisHasil Bulutangkis

Berita Terkini