x

Kekalahan Apriyani/Fadia di French Open oleh Kuda Hitam China Sudah Diramal Greysia Polii

Minggu, 29 Oktober 2023 13:27 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Mantan Pebulu tangkis Nasional, Greysia Polii, selepas acara media gathering, Rabu (02/08/23), di Kwitang, Gambir, Jakarta Pusat. (Foto: Ammara Marthiara/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis Indonesia, Greysia Polii, rupanya sudah meramal kekalahan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti atas Liu Shengsu/Tan Ning di semifinal French Open 2023.

Ajang French Open 2023 menggelar rangkaian pertandingan semifinal pada Sabtu (28/10/23) kemarin. Indonesia sendiri mengirimkan tiga wakil untuk berebut tiket ke babak final, termasuk Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Baca Juga

Sayang, Apriyani/Fadia gagal melangkah ke partai puncak. Mereka takluk oleh "bocil" China, Liu Shengshu/Tan Ning. Wakil Indonesia takluk dalam rubber game yang berakhir dengan skor 15-21, 21-17, 14-21.

Hasil ini cukup mengejutkan, mengingat Apriyani/Fadia merupakan unggulan ke-7, sedangkan Liu/Tan adalah pemain non-unggulan.

Namun, usut punya usut, kesukessan Liu/Tan melangkah ke final French Open 2023 sudah diprediksi oleh legenda bulutangkis Indonesia, Greysia Polii.

Pemain yang meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu tersebut terciduk mengagumi sepak terjang Liu/Tan yang disebutnya akan merajai ganda putri dunia di masa depan.

Baca Juga

"Lihat pemain asal China, Liu/Tan lawannya Apri/Fadia jadi inget sama Du Jing/Yu Yang. Kaku-kaku gerakannya tapi full power banget!" cuit Greysia Polii.

"Apri/Fadia main sudah bagus banget tapi Liu/Tan main superb hari ini. Pertama kali lihat mereka di Spanyol awal Tahun ini, sudah punya feeling bakal bagus nih junior Chian, tapi mungkin tahun depanlah."

"Eh... akhir tahun ini mereka uda makin-makin!" ujarnya menambahkan.

Terlepas dari kemenangan atas Apriyani/Fadia, sepak terjang Liu/Tan di French Open memang patut diacungi jempol. Mereka bahkan mengalahkan sederet lawan kuat dalam perjalanan menuju final, termasuk "Raja Terakhir" ganda putri.

Baca Juga

1. Sepak Terjang Liu/Tan di French Open 2023

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di laga French Open 2023. (Foto: PBSI)

Liu/Tan mengawali perjuangan mereka di French Open 2023 dengan menghadapi pasangan senior asal Denmark, Maikern Fruergaard/Sara Thygesen.

Tak tanggung-tanggung, pasangan yang sudah malang-melintang di turnamen World Tour tersebut digebuk dalam dua gim langsung, 21-12, 21-17.

Baca Juga

Penampilan Liu/Tan kian menjadi di babak kedua, ketika mereka berhadapan dengan unggulan teratas sekaligus ganda putri nomor 1 dunia, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Berhadapan dengan senior mereka di timnas, Liu/Tan tampil nyaris tanpa cela dan memetik kemenangan dengan skor 21-11, 9-21, 21-14.

Beranjak ke babak semifinal, Liu/Tan menghadapi ganda putri terbaik Indonesia, Apriyani/Fadia. Bertarung melawan unggulan ketujuh, Liu/Tan tak menunjukkan sedikit pun kegentaran.

Alhasil, mereka sukses merebut tiket final French Open 2023 usai mengalahkan Apriyani/Fadia dalam rubber game sekaligus merengkuh final World Tour ke-6 sepanjang tahun ini 

Baca Juga

Pada babak final yang akan digelar Minggu (29/10/23) hari ini, Liu/Tan akan berhadapan dengan sesama pemain non-unggulan, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Pertemuan Liu/Tan vs Kititharakul/Prajongjai sendiri merupakan ulangan partai final Arctic Open 2023, yang kala itu dimenangkan Liu/Tan dengan skor 21-13, 24-22.

Sejauh ini, Liu/Tan juga unggul dalam rekor pertemuan saat melawan wakil Thailand tersebut. Mereka mengemas rekor sempurna, 2 kemenangan dari 2 pertemuan dengan Kititharakul/Prajongjai.

Melihat sepak terjang Liu/Tan di French Open 2023 serta rekor pertemuan mereka yang superior atas Kititharakul/Prajongjai, agaknya pasangan masa depan China ini akan keluar sebagai pemenang, sekaligus menyabet gelar World Tour ke-3 mereka tahun ini. 

Baca Juga
Greysia PoliiFrench OpenBulutangkisBerita BulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiHasil Bulutangkis

Berita Terkini