x

Bocoran Tunggal Putra yang Lolos World Tour Finals 2023, Kans Jonatan Lebih Baik dari Ginting

Minggu, 29 Oktober 2023 15:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Bocoran tunggal putra yang berpotensi lolos ke ajang BWF World Tour Finals 2023. Peluang Jonatan Christie disebut lebih baik dari Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Dewan BWF, Bambang Rudyanto, membocorkan tunggal putra yang berpotensi lolos ke ajang BWF World Tour Finals 2023. Peluang Jonatan Christie disebut lebih baik dari Anthony Sinisuka Ginting.

French Open 2023 merupakan turnamen ke-13 BWF World Tour yang berlangsung musim ini. Ajang ini juga akan mempertandingkan babak finalnya di Glaz Arena, Rennes, Minggu (29/10/23).

Baca Juga

Setelah turnamen BWF Super 750 ini, para penggemar bulutangkis akan bisa melihat siapa saja atlet-atlet yang memastikan menggenggam tiket ke turnamen penutup musim.

Turnamen penutup musim yakni BWF World Tour Finals 2023 akan dilangsungkan di kota Hangzhou, China pada 13-17 Desember mendatang.

Dari sektor tunggal putra, selain Kunlavut Vitidsarn yang lolos otomatis setelah menjadi Juara Dunia, persaingan menuju Hangzhou terbilang masih cukup ketat.

Hal ini diungkapkan pula oleh dewan BWF Bambang Rudyanto melalui cuitan di akun Twitter saat memprediksi siapa saja yang akan lolos.

Baca Juga

Sejauh ini, Indonesia memiliki dua wakil yang berpotensi lolos ke WTF 2023 yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Namun Bambang Rudyanto menyebut peluang Jonatan bisa lebih baik.

Hal ini dikarenakan Jonatan Christie mampu mencapai empat kali final dengan 1 gelar juara, sedangkan Ginting baru dua kali mencapai final di musim ini.

Peluang Jonatan untuk naik di Ranking BWF World Tour Finals pun semakin besar karena dirinya menembus final French Open 2023 sedangkan Ginting terhenti di perempat final.

“Race to Hangzhou: posisi Jojo lbh baik dr Ginting… dan baru 13 tournaments…. Masih bisa menambah angka di Kumamoto dan China Masters….” Tulis Bambang Rudyanto.

Baca Juga

1. Ranking WTF Jonatan Bisa Melejit Jika Juara French Open 2023

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di laga French Open 2023. (Foto: PBSI)

Sementara itu, akun @ikh_asyari menimpali cuitan Bambang Rudyanto di mana ranking WTF Jonatan Christie bisa naik ke urutan 3 atau 4  dan naik ke posisi ke-2 jika juara French Open 2023.

“Jojo dan Ginting naik ke ranking  3 dan 4. Kalau juara, Jojo naik ke ranking 2. Mereka seharusnya sudah aman ke Guangzhou,” tulis akun tersebut.

Baca Juga

Tentunya, poin Jonatan dan Ginting masih bisa bertambah saat mereka tampil maksimal pada dua turnamen tersisa sebelum BWF World Tour Finals.

Kedua turnamen tersebut adalah Kumamoto Masters yang akan digelar pada 14 - 19 November dan China Masters 2023 pada 21-26 November mendatang.

Menarik untuk dinantikan apakah Jonatan Christie nantinya bisa mengamankan tiketnya ke BWF World Tour Finals dengan menjuarai French Open 2023 atau tidak.

Baca Juga

Masalahnya, lawan yang akan dihadapi Jonatan di babak final bukanlah lawan yang mudah. Dia adalah Li Shifeng yang merupakan peraih medali emas Asian Games 2022.

Secara statistik, Jonatan sangat mendominasi rekor pertemuannya atas juara Asian Games 2022 tersebut. Tercatat, Jonatan menyapu bersih 3 pertemuan sebelumnya dengan kemenangan.

Meski demikian, dia harus ekstra waspada terhadap kejutan yang bisa saja dihadirkan Li Shi Feng. Saat ini Jojo menempati peringkat 7 BWF. Sementara sang lawan Li Shing Feng ada di tangga ke-65.

Li Shifeng juga merupakan penghuni puncak ranking BWF World Tour Finals 2023. Melengkapi 8 besar ada Kodai Naraoka, Shi Yuqi, Anders Antonsen, Viktor Axelsen, Ginting, Kenta Nishimoto, dan Jonatan.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingJonatan ChristieFrench OpenBWF World Tour FinalsBulutangkis

Berita Terkini