x

Jonatan Christie Speechless Bisa ke Podium Juara French Open meski Diremehkan

Senin, 30 Oktober 2023 07:31 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Li Shifeng (China) dan Jonatan Christie (Indonesia) di podium juara French Open 2023. Foto: Humas PP PBSI.

INDOSPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, mengaku speechless saat akhirnya bisa kembali naik podium, kali ini di French Open Super 750.

Kepastian ini didapat saat Jonatan Christie membekuk Li Shifeng asal China di babak final French Open 2023, Minggu (29/10/23) malam dengan skor 16-21, 21-15, dan 21-14.

Baca Juga

Sejak game pertama, laga berjalan super sengit. Li Shifeng sempat unggul 7-11 saat interval. Jonatan pun bangkit dan memperkecil ketertinggalan menjadi 10-13.

Namun, Li Shifeng mulai menjauh lagi dari kejaran Jojo. Pada akhirnya, pertandingan ini berakhir dengan skor 16-21 untuk wakil China.

Game kedua tidak jauh berbeda, Jonatan Christie bisa unggul dengan skor 3-1. Hanya saja, situasi cepat berbalik dan Li Shifeng unggul saat interval 9-11.

Jonatan Christie tak menyerah begitu saja. Ia pontang-panting dan berhasil membalikkan skor jadi 15-13. Jojo makin percaya diri dan memenangi game kedua dengan skor 21-15.

Baca Juga

Memasuki babak rubber, duel berlangsung sangat ketat. Jonatan Christie dan Li Shifeng saling balas mencetak poin. Jonatan hanya bisa unggul tipis 11-10 saat interval ketiga.

Setelah itu, Li Shifeng terlihat mulai kendor karena kelelahan, sementara Jonatan adalah ahlinya rubber game. Wakil Indonesia tancap gas unggul 18-12, dan menang telak 21-14.

Hasil ini memastikan Jonatan Christie keluar sebagai juara French Open 2023, sekaligus mendapatkan gelar Super 750 pertamanya.

Hasil ini juga membuat Jojo makin percaya diri, setelah dua turnamen sebelumnya di Asian Games dan Denmark Open 2023, ia langsung kandas di babak pertama.

Baca Juga

1. Target Jonatan Christie

Jonatan Christie dan Irwansyah di podium juara French Open 2023. Foto: Humas PP PBSI.

Selepas pertandingan, Jonatan Christie mengaku terharu karena berhasil meraih gelar Super 750 pertama, apalagi titel ini didapat saat ia baru saja mengalami kekalahan beruntun.

"Puji Tuhan, ini adalah titel pertama saya di level Super 750 yang sudah lama saya nanti nantikan. Sudah beberapa kali saya masuk final tapi belum mampu juara," kata Jonatan.

Baca Juga

"Tidak mudah, saya ada sedikit tegang di awal-awal laga, dan banyak melakukan kesalahan sendiri," ucapnya selepas pertandingan.

"Di game kedua saya melakukan perbaikan dengan bermain lebih rapi dan mencoba untuk membuat lawan banyak berlari."

Harus diakui, salah satu kunci kemenangan Jonatan Christie di perhelatan French Open 2023 adalah dukungan moril yang disuntikkan pelatih Irwansyah dari pinggir lapangan.

Jonatan Christie mengaku speechless saat akhirnya bisa mewujudkan gelar juara, lalu ia mengajak pelatih Irwansyah berfoto bersama di podium tertinggi.

Baca Juga

"Saya merasa speechless. Dua sampai tiga turnamen terakhir saya tidak bermain optimal, banyak orang meragukan. Tapi balik lagi, rencana Tuhan kita tidak pernah tahu," sebut Jonatan Christie.

"Jadi saat di bawah, saat di atas, saya mau menikmati setiap momennya," imbuhnya.

"Gelar ini pastinya menambah semangat dan motivasi saya. Berikutnya ada Japan Masters dan China Masters, saya mau fokus ke sana. Dan semoga bisa melangkah ke BWF World Tour Finals."

Kumamoto Masters akan dihelat pada 14-19 November 2023. Berdasarkan hasil drawing, Jonatan Christie mendapat bye dan berjumpa Srikanth Kidambi di babak 16 besar.

Baca Juga
Jonatan ChristieFrench OpenBulutangkisBerita BulutangkisLi Shifeng

Berita Terkini