x

3 Skandal Pelecehan Seksual Atlet Bulutangkis, Terbaru Yoo Yeon-seong Eks WR1

Kamis, 2 November 2023 19:20 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Mengulas tiga skandal pelecehan seksual atlet bulutangkis terheboh, salah satunya yang menyeret Yoo Yeon-seong, eks partner Lee Yong-dae dari Korea Selatan.

INDOSPORT.COM – Mengulas tiga skandal pelecehan seksual atlet bulutangkis terheboh, salah satunya yang menyeret Yoo Yeon-seong, eks partner Lee Yong-dae dari Korea Selatan.

Selain Yoo Yeon-seong, ada pula beberapa kasus lain yang mungkin lebih mengerikan. Simak profil dan kasus mereka satu per satu.

1. Yoo Yeon-seong (Korea Selatan)

Yoo Yeon-seong menjadi nama atlet yang baru diterpa tuduhan melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita Korea Selatan ketika dia melatih bulutangkis di Amerika Serikat (USA).

Menurut keterangan polisi pada Rabu (01/11/23) sebagaimana dilansir dari Naver, Yoo Yeon-seong mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap wanita tersebut di USA pada sekitar Juli 2023.

Yoo Yeon-seong pertama kali ditangkap oleh otoritas investigasi Amerika Serikat setelah wanita tersebut melaporkan ke polisi atas tuduhan yang sama.

Baca Juga

Yoo Yeon-seong kemudian dibebaskan oleh kepolisian Amerika Serikat dengan jaminan dan kini telah pulang ke negaranya, Korea Selatan.

Saat Yoo Yeon-seong sudah berada di Korea Selatan, wanita tersebut kemudian melaporkan kembali kasusnya ke kepolisian setempat dan sudah diproses sejak 23 Oktober 2023 lalu.

Sampai saat ini Yoo Yeon-seong masih terus diinvestigasi kepolisian, hingga beritanya viral dan menghebohkan netizen mengingat nama besarnya sebagai legenda bulutangkis Korea Selatan.

Ya, terlepas dari tuduhan pelecehan seksual yang menjeratnya, Yoo Yeon-seong memang memiliki prestasi segudang sebagai atlet bulutangkis.

Yoo Yeon-seong adalah peraih empat medali emas Kejuaraan Asia, meraih tiga keping medali kejuaraan dunia, termasuk dua di antaranya diraih saat dia bertandem dengan Lee Yong-dae.

Baca Juga

Yoo Yeong-seong bersama partnernya, Lee Yong-dae, juga ikut mengantarkan tim bulutangkis putra Korea Selatan meraih emas Asian Games 2014.

Maka tak mengherankan jika duet Lee Yong-dae/Yoo Yeon–seong kala itu pernah menempatkan mereka menjadi ganda putra ranking satu dunia dalam periode yang sangat lama.

Usai pensiun, karier Yoo Yeong-seong tetaplah bersinar seiring dengan keputusannya menjadi pelatih di beberapa negara.

Terbaru, Yoo Yeon-seong diketahui sukses mengantarkan muridnya dari Amerika Serikat, Presley Smith/Alisson Lee, menjuarai Saipan International 2023.

Kini penggemar pun dibuat cemas dengan kelanjutan karier Yoo Yeon-seong ke depannya andai dugaan pelecehan seksual tersebut terbukti.

Baca Juga

1. 2. Timmy Duggan (Irlandia)

Kisah Atlet Bulutangkis Irlandia Lakukan 22 Pelanggaran Kasus Pelecehan Seksual pada Anak.

Timmy Duggan adalah mantan atlet bulutangkis berusia 36 tahun yang berasal dari Mountain Lodge, Annagh, Tralee, Country Kerry, Irlandia.

Melansir laman Belfast Telegraph, sekitar April 2014, Timmy Duggan pernah mendominasi kancah bulutangkis lokal di Kerry, Irlandia, ketika usianya masih 17 tahun.

Usai tak lagi menjadi atlet bulutangkis, dia berkarier menjadi manajer supermarket di daerahnya. Siapa sangka, kehidupan Kimmy Duggan berubah 360 derajat sejak saat itu.

Dikutip dari Independent, Kimmy Duggan terseret sebagai pelaku seksual terhadap anak-anak. Dari hasil persidangan di Tralee, Limerick, dia pun mengakui tuduhan tersebut.

Baca Juga

Dakwaan yang diakui Timmy Duggan termasuk  termasuk membujuk anak-anak untuk menyentuhnya, dan terlibat dalam serangkaian aktivitas seksual lainnya.

Timmy Duggan mengakui bahwa dia juga membayar wanita yang dia temui secara online untuk mendapatkan anak-anak sebagai objek eksploitasi seksual.

Atas perbuatan asusilanya tersebut, Timmy Duggan dijatuhi hukuman selama tujuh tahun sebagaimana dilansir dari laman Breaking News.

3. Timothy Mawer (Inggris)

Timothy Mawer adalah mantan pelatih bulutangkis Inggris yang melakukan pelecehan seksual terhadap atletnya hingga dijatuhi hukuman penjara 20 tahun.

Dilansir dari laman Lincolnshirelive, Lincoln Crown Court menyatakan bahwa Mawer telah melakukan serangan seksual secara keji terhadap remaja laki-laki selama kurang lebih 18 tahun.

Baca Juga

Dia melakukan lebih dari 60 serangan terhadap 13 anak laki-laki yang berbeda. Korbannya mengatakan kepada pengadilan bahwa hidup mereka hancur atas kejadian tersebut.

“Anda adalah pelatih sukses yang terkenal. Dalam jangka waktu 18 tahun, Anda menyalahgunakan posisi itu dan gaya hidup mewah yang Anda alami saat melecehkan 13 anak berusia 13 dan 15 tahun secara seksual,”  kata Hakim Simon Hirst, yang menjatuhkan hukuman.

“Sudah jelas, semua pengadu sangat terpengaruh oleh pelecehan Anda terhadap mereka. Anda menyebabkan kerusakan nyata dan abadi,” lanjut hakim.

“Anda menyebabkan kerugian bagi mereka masing-masing tanpa alasan lain selain untuk mendapatkan kepuasan seksual untuk diri Anda sendiri. Aspek yang paling mencolok adalah Anda melakukan penghinaan terhadap anak laki-laki ini.”

Demikian tiga skandal pelecehan seksual atlet bulutangkis terheboh di dunia, dari tuduhan terhadap Yoo Yeon-seong eks partner Lee Yong-dae hingga Timmy Dugaan.

Baca Juga
Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seongYoo Yeon SeongTRIVIABulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini