x

Jagoannya Jadi Korban, Media China Bar-bar Ungkap Sisi Kontroversial Hylo Open 2023

Minggu, 5 November 2023 18:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Sang bintang, He Jiting/Ren Xiangyu jadi korban, media China, langsung bar-bar ungkap sisi kontroversial dari turnamen bulutangkis Super 300 Hylo Open 2023.

INDOSPORT.COM – Sang bintang, He Jiting/Ren Xiangyu jadi korban, media China, langsung bar-bar ungkap sisi kontroversial dari turnamen bulutangkis Super 300 Hylo Open 2023.

Hylo Open 2023 dilangsungkan pada 31 Oktober sampai 5 November 2023 di Saarlandhalle, Saarbrucken, Jerman, dan saat ini telah memasuki partai final.

Baca Juga

Di final Hylo Open 2023, China, Indonesia, Chinese Taipei, dan Hong Kong sama-sama mengirimkan dua wakilnya. Sementara Denmark dan Amerika Serikat masing-masing mengirim satu wakil ke final.

Jelang bergulirnya partai final yang akan berlangsung pada Minggu (5/11/23) mulai pukul 20.00 WIB nanti, Hylo Open 2023 diterpa pemberitaan panas.

Adalah media lokal China, Sohu, yang dengan bar-bar mengungkapkanjika ajang Hylo Open 2023 diwarnai sisi kontroversial.

Hal itu dipicu dari kekalahan He Jiting/Ren Xiangyu atas wakil tuan rumah, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel, di perempat final Hylo Open 2023, dipicu karena keputusan-keputusan kontroversial wasit.

Baca Juga

Di laga yang disebut kontroversial itu, He Jiting/Ren Xiangyu memang kalah 21-23, 15-21 dari Mark Lamsfuss/Marvin Seidel, dan wasit sempat terlibat debat dengan wakil China di akhir gim pertama.

“Di game pertama, He Jiting/Ren Xiangyu mengawali laga dengan sangat cepat, namun kill dahsyat lawannya juga memberikan tekanan pada pertahanan Ganda Putra Bulu Tangkis Nasional, dan selisih poin kedua kubu tak kunjung melebar.”

“Memasuki babak kritis, He Jiting/Ren Xiangyu tertinggal 21-22. Adegan dramatis terjadi saat ini, ketika Ren Xiangyu masih bersiap menerima servis, lawannya melakukan gerakan lebih awal, dan tanpa diduga wasit memberi skor kepada tim Jerman.”

“Gara-gara poin inilah pasangan China kalah di game pertama 21-23. Saat itu, He Jiting langsung mengajukan pengaduan ke panitia arbitrase, namun tidak berhasil, He Jiting/Ren Xiangyu tidak punya pilihan selain menerimanya,” tulis media China, Sohu.

Baca Juga

1. Kekecewaan Media China

Kekecewaan Media China soal Kekalahan Ganda Putra Andalannya di Hylo Open 2023.

Kekecewaan media China tersebut sebenarnya wajar-wajar saja lantaran He Jiting/Ren Xiangyu memang cukup diunggulkan untuk menjuarai Hylo Open 2023.

Ya,meskipun mereka baru saja dipasangkan, namun penampilan He Jiting/Ren Xiangyu di beberapa turnamen belakangan ini sangat luar biasa.

Baca Juga

Pekan lalu He Jiting/Ren Xiangyu bahkan sukses melesat ke semifinal French Open (S750) dan hanya kalah tipis dari Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, 16-21, 21-19, 20-22.

Dua pekan sebelumnya, He Jiting/Ren Xiangyu juga sukses melesat ke perempat final Denmark Open 2023 (S750).

Terlepas dari itu, media Sohu juga mengakui jika selain karena keputusan kontroversial wasit, kekalahan He Jiting/Ren Xiangyu juga disebabkan karena performa buruk dari atletnya sendiri.

“Dilihat dari laga hari ini, meski He Jiting/Ren Xiangyu kalah karena faktor wasit, buruknya performa mereka sendiri juga menjadi alasan utama. Oleh karena itu, jika kita ingin mencapai hasil yang lebih baik, kita perlu menjadi lebih kuat,” tulis Sohu.

Baca Juga

Kini agaknya publik China juga sedang kegirangan mengingat lawan yang mengalahkan He Jiting/Ren Xiangyu di Hylo Open 2023, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel, juga gagal ke final.

Mark Lamsfuss/Marvin Seidel tercatat kandas di semifinal dari juara Olimpiade Tokyo 2020, Lee Yang/Wang Chi-lin, 15-21, 19-21.

Sementara China masih memiliki harapan merebut gelar juara di ganda putra melalui pasangan Liu Yuchen/Ou Xuan Yi, dan ganda putri Zhang Shuxian/Zheng Yu.

Akankah China berhasil menjadi juara umum Hylo Open 2023 dan makin menasbihkan diri sebagai negara superior bulutangkis?

Baca Juga
ChinaBulutangkisBerita BulutangkisHylo Open

Berita Terkini