x

Sadar Diri, Fajar/Rian Tak Mau Targetkan Muluk-muluk di BWF World Tour Finals 2023

Minggu, 10 Desember 2023 20:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertekad mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan tahun lalu pada BWF World Tour Finals 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertekad mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan tahun lalu pada BWF World Tour Finals 2023.

Fajar/Rian akan tampil untuk kedua kalinya di turnamen penutup musim BWF World Tour Finals 2023 yang akan digelar di Hangzhou, China, pada 13-17 Desember.

Baca Juga

Pada penampilan debutnya tahun lalu, mantan pasangan no.1 dunia tersebut meraih hasil kurang memuaskan usai dihentikan wakil China, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi di semifinal.

Sementara di tahun ini, Fajar/Rian berhasil menjadi unggulan kedua berkat dua gelar di ajang Super 1000 yang dimenangkan awal tahun yakni Malaysia Open dan All England.

Hanya saja, Fajar/Rian dihantui dengan inkonsistensi performa di paruh kedua musim ini. Capaian terbaik hanyalah semifinal di Japan Open dan French Open

Diungkapkan oleh Fajar Alfian, catatan tersebut menjadi sebuah evaluasi tersendiri agar nantinya dia an Rian bisa tampil lebih baik di Hangzhou.

Baca Juga

“Yang pasti senang bisa kembali lolos ke World Tour Finals tapi hasil di pertengahan tahun sampai akhir tahun ini kurang baik jadi semoga kami bisa kembali mendapat hasil yang lebih baik," ujar Fajar melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Lawan semakin ke sini semakin sulit, dari pertama tidak ada yang mudah jadi kami mau fokus satu demi satu," Fajar, menambahkan.

Bisa dibilang, BWF World Tour Finals 2023 menjadi turnamen yang sangat krusial bagi Fajar/Rian setelah mereka lengser dari ranking 1 BWF beberapa waktu lalu.

Poin yang diperoleh dari turnamen ini bisa membantu mereka memperbaiki posisi sekaligus modal sebelum mengawali musim 2024 yang semakin kompetitif.

Terlebih, turnamen-turnamen awal musim 2024 sangat diperhitungkan poinnya untuk syarat kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga

1. Persaingan Ganda Putra di BWF World Tour Finals 2023

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di laga French Open 2023. (Foto: PBSI)

Tak bisa dipungkiri, persaingan di sektor ganda putra sepanjang musim terbilang sangat ketat terutama kehadiran dua wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang dan Liu Yuchen/Ou Xuan Yi.

Liang Wei Keng/Wang Chang berhasil mengkudeta posisi puncak peringkat dunia usai menjuarai China Masters 2023, sekaligus membuat Fajar/Rian kian sulit kembali ke posisi tersebut.

Baca Juga

Fajar/Rian juga patut mewaspadai Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi yang merupakan juara bertahan di BWF World Tour Finals tahun lalu.

Liu Yuchen sendiri tercatat pernah dua kali memenangkan ajang ini pada 2018 bersama Li Jun Hui.

Pasangan lain yang pernah memenangkan gelar juara ini adalah Takuro Hoki/Yugo Kobayashi asal Jepang, yang naik ke podium teratas pada 2021, tahun kala mereka juga memenangkan Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Sementara, lima pasangan lainnya, ada dua juara dunia, juara bertahan Seo Seung Jae/Kang Min Hyuk (Korea Selatan) dan Juara 2022 Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia).

Baca Juga

Selain itu, ada dua juara All England asal Indonesia, juara 2022 Fajar/Rian dan juara 2022 Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Serta peraih medali perak Kejuaraan Dunia 2023 Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark).

Selain Fajar/Rian dan Bagas/Fikri, Indonesia juga meloloskan lima wakil lainnya ke BWF WTF 2023, yaitu Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting di nomor tunggal putra, Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri).

Sementara itu, tim bulu tangkis Indonesia bertolak ke Hangzhou, China, pada Minggu (10/12/23) dini hari WIB, untuk mengikuti ajang bergengsi ini.

Mereka menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA894 via Shanghai.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBWF World Tour FinalsBulutangkis

Berita Terkini