x

Deretan Kejutan di Indonesia Masters 2024: 3 Bintang Nomor 1 Pilih Absen, Momota Kualifikasi

Jumat, 15 Desember 2023 20:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Deretan kejutan akan terjadi di ajang Indonesia Masters 2024, di mana banyak bintang top memilih absen dan Kento Momota memulai dari babak kualifikasi.

INDOSPORT.COM – Deretan kejutan akan terjadi di ajang Indonesia Masters 2024, di mana banyak bintang top memilih absen dan Kento Momota memulai dari babak kualifikasi.

Daihatsu Indonesia Masters 2024 merupakan turnamen bulutangkis ketiga dari rangkaian BWF World Tour musim depan. Ajang ini akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, 23-28 Januari.

Baca Juga

BWF sendiri sudah merilis M&Q versi pertama pada hari Jumat (15/12/23). Dari daftar tersebut banyak sekali kejutan yang akan terjadi.

Banyak Bintang Top Absen

Meski Indonesia Masters 2023 menawarkan poin signifikan untuk kualifikasi Olimpiade Paris 2024, namun banyak pemain top 10 memilih absen dari ajang ini.

Keputusan untuk absen kemungkinan karena mereka memprioritaskan dua turnamen awal musim yang poinnya lebih besar, yakni Super 1000 Malaysia Open 2024 dan Super 750 India Open 2024.

Lantas siapa saja pemain top 10 yang memilih absen dari turnamen Indonesia Masters 2024 tersebut?

Salah satunya raja bulutangkis dunia Viktor Axelsen dari Denmark dan ratu bulutangkis dunia An Se-young dari Korea Selatan.

Baca Juga

Tak Tzu Ying juga menyusul An Se-young sebagai member The Big Four Queens yang memilih melewatkan ajang tersebut.

Selain itu, ganda putri no.1 dunia Liang Wei Keng/Wang Chang (China) juga absen. Ada juga Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan), Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang).

Dari sektor ganda putri, pasangan no.1 dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dari China memilih absen. Selain itu dua pasangan Korea, Baek Ha Na/Lee So Hee dan Kim So Yeong/Kong Hee Yong juga tak ambil bagian.

Dari ganda campuran, pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, Juara Dunia 2023 Seo Seung Jae/Chae Yu Jung  dari Korea, dan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taeratanachai dari Thailand memilih absen.

Baca Juga

1. Chinese Taipei Kirim Wakil Terbanyak

Tunggal Putra Jepang, Kento Momota, akan tampil di ajang Indonesia Masters 2024, Selasa (13/06/23).

Menurut cuitan dewan BWF Bambang Rudyanto, Daihatsu Indonesia Masters 2024 diikuti oleh peserta dari 48 negara.

Chinese Taipei menjadi negara yang paling banyak mengirimkan wakilnya di Indonesia Masters 2024 dengan 62 wakil, meski tanpa Tai Tzu Ying.

Namun demikian, Chinese Taipei tetap akan diwakili oleh beberapa pemain top seperti Chou Tien Chen, Lee Yang/Wang Chi-lin, hingga Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin.

Indonesia mendaftarkan 42 pemain, Malaysia 47 pemain, China 36 pemain serta Jepang dan India mengirim 24 pemain, mmeski belum tentu bisa masuk semua.

China Debutkan 1 Pasangan Ganda Putra

Menurut Bambang Rudyanto lewat cuitannya di X, China juga akan mendebutkan satu pasangan baru di sektor ganda putra yakni Xie Hao nan/Zheng Wei Han.

Namun, pasangan berperingkat 116 dunia tersebut masih menunggu di daftar reserves ke-5. Pencapaian terbaik Xie Hao nan/Zheng Wei Han adalah juara Vietnam International Series 2023.

Kento Momota Memulai dari Kualifikasi

Kejutan lainnya, mantan raja bulutangkis Kento Momota dari Jepang dipastikan akan tampil di Indonesia Masters 2024 meski harus memulai dari babak kualifikasi.

Kento Momota memulai dari babak kualifikasi karena statusnya saat ini bukan lagi pemain unggulan. Dia tercatat menduduki peringkat ke-37 dunia.

Pada penampilan terakhirnya musim 2023, Kento Momota juga harus memulai dari babak kualifikasi di ajang Kumamoto Masters 2023 dan melaju hingga babak perempat final.

Kento Momota tercatat pernah sekali memenangkan gelar Indonesia Masters pada edisi 2021. Saat itu dia menjadi juara usai mengalahkan Anders Antonsen dari Denmark. 

Indonesia MastersKento MomotaViktor AxelsenBulutangkisAn Se-young

Berita Terkini