Sejarah Sepakbola: Dari Peradaban Purba Hingga Liga Perdana

Rabu, 1 November 2017 13:14 WIB
Penulis: Yohanes Paulus Arianto Namang | Editor: Galih Prasetyo
© footy4kids.co.uk
Ilustrasi pertandingan sepakbola tempo dulu. Copyright: © footy4kids.co.uk
Ilustrasi pertandingan sepakbola tempo dulu.

Sepakbola kini menjadi olahraga yang paling digandrungi oleh hampir semua lapisan masyarakat baik itu anak kecil maupun orang besar, laki-laki maupun perempuan, hingga beragama kelas sosial. 

Sepakbola merupakan jenis olahraga yang memiliki sejarah panjang selama berabad-abad sampai kepada bentuknya yang kekinian. Sepakbola yang kita kenal saat ini sebenarnya baru dimainkan di Inggris untuk pertama kalinya pada pertengahan abad ke-19. Namun, embrio olahraga ini sendiri sudah dimainkan dalam bentuknya yang paling purba jauh sebelum Masehi.  

Bangsa Mesoamerican telah memperkenalkan permainan yang menggunakan bola di dalam tim 3000-an tahun yang lalu. 

Bola, bagi bangsa Mesoamerican merupakan simbol matahari. Oleh karena itu, permainan bola di dalam kebudayaan Mesoamerican merupakan bagian yang menyatu dengan yang ilahi. Itu makanya, hukuman bagi tim yang kalah dalam pertandingan bola adalah sang kapten yang kalah harus dipersembahkan kepada para dewa. 

Sedangkan perkenalan sepak bola yang dimainkan dengan melibatkan kaki diintrodusir oleh bangsa China  pada abad ketiga dan kedua sesudah masehi yang dikenal dengan nama Cuju. Cuju dimainkan dengan sebuah bola di sebuah lapangan terbuka. Permainan Cuju ini kemudian menyebar ke Jepang dan dimainkan di bawah seremonial adat istiadat. 

Selain di China dan Jepang, perkembangan sepak bola juga ternyata diketahui berasal dari Yunani Antik. Orang Yunani memaikan bola yang terbuat dari kulit yang di dalamnya diisi rambut. 

© footy4kids.co.uk
Ilustrasi pertandingan sepakbola tempo dulu. Copyright: footy4kids.co.ukIlustrasi pertandingan sepakbola tempo dulu.

Dokumen awal yang menyebutkan bahwa bola berisi udara berasal dari abad ke-7 Masehi. Pada kebudayaan Roma Antik, permainan yang menggunakan bola tidak termasuk ke dalam hiburan yang dimainkan di arena besar, namun dipraktekan oleh kaum militer di sela-sela latihan kemiliteran. 

Disinyalir permainan bola yang dimainkan di Inggris merupakan jenis yang sama yang dibawa dari Roma. Meski demikian, hal itu diragukan oleh orang Britania yang dipengaruhi oleh perubahan tersebut dan yang setuju bahwa mereka dapat mengembangkan ragamnya sendiri berdasarkan kebudayaan setempat. 

491