Liga 1 Indonesia

Komentari Kekalahan Persib, Muhammad Farhan Suruh Wasit 'Piknik'

Jumat, 3 November 2017 22:07 WIB
Penulis: Eronika Dwi Pinara | Editor: Joko Sedayu
© Tribun Solo
Suasana laga Persija vs Persib. Copyright: © Tribun Solo
Suasana laga Persija vs Persib.

Pertandingan laga dua tim besar Indonesia berakhir dengan tidak menyenangkan. Persib Bandung yang harus merasakan kenyataan pahit kala bertanding melawan rival abadinya, Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo, pada Jumat (03/11/17).

Pada Liga 1 Laga Klasik pekan ke-33, Persib Bandung memutuskan walk out (WO) dari pertandingan melawan Persija Jakarta. Akibat keputusan itu, Macan Kemayoran pun otomatis menang dengan 1-0.

Keputusan Persib Bandung tersebut berawal dari drama yang terjadi antara wasit dan penyerang Persib Bandung. Di menit ke-28. Ezechiel N'Douassel berhasil membobol gawang Persija Jakarta, namun gol itu kemudian dibatalkan oleh wasit, Shaun Evans. 

© INDOSPORT
Shaun Evans saat masih menjadi wasit di Liga Australia. Copyright: INDOSPORTShaun Evans saat masih menjadi wasit di Liga Australia.

Shaun menyatakan bahwa gol yang ditendang pemain berusia 29 itu mengenai jaring gawang sehingga tidak sah. Entah apa yang terjadi karena jika dilihat dari tayangan ulang, terlihat jelas bahwa pemain asal Chad itu berhasil mencetak sundulan yang bersih ke gawang.

Drama pun semakin panas pada menit ke-81 setelah Pemain Persib Bandung, Vojuvic, mendapat kartu merah. Awalnya wasit hanya memberi kartu kuning, namun atas ucapan yang 'kurang pantas' dari Vujovic, wasit langsung memberikan kartu kuning ke-2 yang berakhir dengan kartu merah. 

© Tribun Solo
Suasana laga Persija vs Persib. Copyright: Tribun SoloSuasana laga Persija vs Persib.

Merasa dicurangi, kubu Persib pun langsung memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan pertandingan. Setelah itu wasit langsung membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Pertandingan tersebut berakhir pada menit ke-83 dan memutuskan Persija Jakarta sebagai pemenang. 

Konflik tersebut seketika menjadi viral di sosial media. Para bobotoh, sebutan pendukung Persib Bandung, merasa dicurangi oleh wasit asal Australia itu. Berbagai cuitan kekesalan mewarnai media sosial, bahkan sampai menjadi trending topic di twitter. 

© Twitter
Tagar #WASITGOBLOG jadi trending Twitter Indonesia Copyright: TwitterTagar #WASITGOBLOG jadi trending Twitter Indonesia

Perasaan kecewa pun juga dirasakan oleh presenter kondang sekaligus penyiar Tanah Air, Muhammad Farhan. Farhan yang juga merasa dicurangi ikut membagikan rasa kekesalannya melalui di twitter.

"WTF wasiiiiitttt !!!!!" bunyi cuitan Farhan. 

Dalam salah satu cuitannya, Farhan bahkan sampai mengundang tiga wasit pertandingan tersebut ke Bandung karena menurutnya sang wasit 'kurang piknik'.

Rasa kekesalan Farhan pun terus belanjut, ia bahkan sampai memberi informasi bahwa Persib Bandung tidak berniat WO. 

Farhan mengakhiri cuitan mengenai masalah hari ini dengan memberikan video siaran ulang pertandingan tadi sore. Ia menyebarkan video yang berisi moment ketika Ezechiel N'Douassel membobol gawang Persija Jakarta. 

1.2K