Mengenang Kejayaan Italia di 4 Piala Dunia

Senin, 13 November 2017 14:23 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Lanjar Wiratri
© http://www.fifa.com
Italy savour World Cup glory Copyright: © http://www.fifa.com
Italy savour World Cup glory

Tim Nasional sepakbola Italia kini tengah dalam sorotan. Pasalnya, pada leg pertama play-off mereka kalah 0-1 melawan Swedia. Jika di leg ke-2 nanti mereka tidak mampu membalikan keadaan, maka ini adalah pertama kalinya Italia gagal ke Piala Dunia setelah terakhir kali absen pada pergelaran tahun 1958 lalu di Swedia.

Gol tunggal Swedia dicetak Jakob Johansson setelah Kiper Gianluigi Buffon terkecoh oleh bola yang membentur salah seorang pemain timnas Italia.

Sejatinya, Piala Dunia sendiri sangatlah akrab dengan Italia. Sejak pertama kali diadakan di tahun 1930 hingga terakhir pada 2014 lalu, total sudah ada 20 edisi Piala Dunia di mana 18 di antaranya Italia ikut berpartisipasi.

Dari 18 keikutsertaaan tersebut, Italia berhasil memenangkan 4 di antaranya. Masing-masing di tahun 1934, 1938, 1982, dan 2006. Sebuah rekor yang hanya bisa dikalahkan Brasil (5 gelar). Rekor ini juga sejajar dengan raksasa sepakbola lainnya, Jerman yang juga mengoleksi 4 gelar.  

Italia juga menjadi runner up turnamen ini sebanyak dua kali, yaitu tahun 1970 dan 1994. Seabrek nama-nama legendaris menghiasi pencapaian Italia di sepakbola dunia. Mulai dari Giusseppe Meazza, Luigi Riva, Dino Zoff, Sandro Mazzola, Franco Baressi, Roberto Baggio, sampai era Francesco Totti, Del Piero, dan lain-lainnya.

Sebagai pengingat akan kedigdayaan Italia sekaligus menghiasi suasana menjelang play off hidup dan mati antara Italia dan Swedia di kualifikasi Piala Dunia 2018, INDOSPORT pun akan menyajikan sekelumit sejarah pencapaian Italia di sepakbola dunia, yaitu 4 bintang gelar Piala Dunia yang telah didapatkan Gli Azzurri.

70