Liga Spanyol

Sejarah Santiago Bernabeu dengan Deretan Fakta Menariknya

Jumat, 15 Desember 2017 15:21 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Santiago Bernabeu. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Santiago Bernabeu.

Pada tanggal 14 Desember 2017 lalu stadion Santiago Bernabeu genap berusia 70 tahun setelah membuka gerbang untuk yang pertama kalinya di tahun 1947. Stadion tersebut memiliki sejarah yang panjang sebelum akhirnya menjadi sebuah arena bermain sepakbola megah yang dapat menampung 85 ribu penonton di dalam stadion.

Menjadi stadion kebanggaan Real Madrid, Estadio Santiago Bernabeu ternyata memiliki sejarah menarik yang wajib diketahui oleh para Madridista.

Real Madrid yang baru didirikan pada tahun 1902 menjadikan sebuah arena adu banteng bernama Estrada Lot milik Ratu Christina di dekat wilayahnya, menjadi tempat mereka untuk bertanding dan berlatih dengan menyewanya selama beberapa tahun.

Melihat perkembangan antusias penonton, manajemen klub muda tersebut akhirnya melakukan renovasi terhadap lapangan itu. Dengan penambahan pagar  pemisah antara lapangan dan dengan mendirikan tribun kecil, arena tersebut berganti nama menjadi O'Donnel Field yang bisa menampung hingga 6000 penonton.

© Real Madrid
Caption Copyright: Real MadridCaption

Hanya bertahan beberapa tahun, pada tahun 1923 O'Donnel Field menjadi 'korban' penggusuran untuk proyek perumahan di wilayah tersebut dan membuat Madrid harus membangun rumah baru.

Velodrome Ciudad Lineal akhirnya dipilih untuk menjadi basis sementara Los Blacos yang disaat bersamaan sedang membangun stadion baru. Barulah di tahun 1924 Estadio de Chamartin dapat ditempati dengan kapasitas 15.000 penonton.

© -
Santiago Bernabeu Copyright: -Santiago Bernabeu

Selama 23 tahun Chamartin menjadi markas Madrid hingga pada tahun 1943 presiden Real Madrid kala itu memutuskan untuk mendirikan stadion baru yang ditargetkan menjadi stadion termegah dan paling modern, yang sekarang kita kenal sebagai Santiago Bernabeu.

© Real Madrid
Estadio de Chamartin Copyright: Real MadridEstadio de Chamartin

INDOSPORT juga merangkum fakta menarik lain yang dimiliki Estadio Santiago Bernabeu yang patut diketahui oleh Madridista, yaitu:

1. Pertandingan dan kemenangan perdana Los Blancos adalah saat melawan OS Belenenses dengan skor 3-1.

2. Sabino Barinaga adalah pemain Real Madrid pertama yang mencetak skor di Bernabeu.

3. Sejak 1947 hingga 1955 stadion tersebut bernama Nuevo Chamartin.

4. Nama Santiago Bernabeu diambil dari nama presiden Real Madrid saat itu yang juga mencetuskan ide pembangunan Nuevo Chamartin di 1943.

5. Pernah menjadi tuan rumah perhelatan Piala Eropa 1964 dan Piala Dunia di tahun 1982, serta tuan rumah partai final Liga Europa dan Liga Champions.

6. Pada tahun 2007 di perayaan ulang tahun ke-60 Bernabeu diganjar penghargaan dari UEFA sebagai Elite Stadium.

7. Cristiano Ronaldo mencetak gol ke 4000 yang pernah terjadi di Bernabeu.

© -
Rancangan renovasi Bernabeu Copyright: -Rancangan renovasi Bernabeu
70