Liga Indonesia

3 Hal Ini yang Buat Sepakbola Vietnam dan Indonesia Banyak Kesamaan

Rabu, 27 Desember 2017 18:35 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
 Copyright:

Sepakbola Indonesia hingga kini bisa dibilang masih jalan ditempat. Mimpi untuk bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam ajang Piala Dunia saja seperti hal yang mustahil untuk dilakukan dalam waktu dekat maupun berjangka.

Bahkan Tim Nasional (Timnas) Indonesia sendiri hanya mampu bertaji di ajang Piala AFF saja. Ketika mereka sudah melangkah ke Piala Asia, Skuat Garuda seperti kehilangan kekuatannya dan hanya menjadi lumbung gol saja.

© INTERNET
Nguyen Huu Thang dan Skuat Timnas Vietnam. Copyright: INTERNETNguyen Huu Thang dan Skuat Timnas Vietnam.

Jika bicara kompetisi sepakbola, Indonesia bisa dibilang banyak sekali problematika yang seperti tidak ada habisnya sama sekali. Bahkan disetiap periode kepengurusan selalu memiliki masalah yang tidak bisa diselesaikan.

Selain itu klub-klub yang mengikuti kompetisi oleh operator liga, sangat sulit untuk memenuhi apa-apa saja standar FIFA yang sebenarnya demi kebaikan mereka sendiri.

© PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-19. Copyright: PSSISkuat Timnas Indonesia U-19.

Akan tetapi, jika ditelusuri, ternyata problematika sepakbola Indonesia mirip sekali dengan negara Vietnam. Sejarah kompetisi sepakbola mereka hingga hal-hal yang tentang klub-klub yang gampang sekali berganti nama adalah hal yang juga saat ini tengah dilanda Indonesia.

Berangkat dari hal tersebutlah INDOSPORT coba untuk merangkum bagaimana perjalanan sepakbola Vietnam dan Indonesia bisa sangat mirip.

148