Liga Indonesia

Bentrok Pilkada Serentak dan Asian Games, Liga 1 2018 Diliburkan?

Jumat, 2 Februari 2018 16:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Logo Liga 1. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 1.

Tahun 2018 akan menjadi tahun tersibuk bagi dunia olahraga Indonesia. Tercatat sepanjang tahun Indonesia akan menjadi tuan rumah dari berbagai event olahraga termasuk Asian Games pada Agustus 2018 nanti. Keadaan tersebut pun sudah diketahui oleh operator liga Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang bertugas menggelar kompetisi Liga 1 dan 2.

Untuk itu, Direktur Operasional PT LIB, Tigorshalom Boboy mengatakan pihaknya akan menyesuaikan jadwal Liga 1 dengan Timnas Indonesia, karena skuat U-23 akan bertanding di Asian Games. Tak hanya itu, PT LIB juga memastikan Liga 1 akan tetap berjalan beriringan, namun kemungkinan tidak akan dimainkan pada hari saat Timnas Indonesia bertanding.

© INDOSPORT/ASIAN GAMES
Logo Asian Games 2018. Copyright: INDOSPORT/ASIAN GAMESPada Agustus mendatang akan berlangsung Asian Games 2018.

"Tidak semuanya (jadwal) libur karena ada slot pertandingan (disesuaikan dengan hari) yang masih dipake. Sepakbola misalnya, jika Timnas main tanggal 11, maka dua atau tiga hari sebelumnya kita bisa main," tutur Tigor.

Selain pesta olahraga, PT LIB juga memberikan imbauan pada setiap klub Liga 1. Hal itu dikarenakan tahun ini Indonesia juga akan disibukkan dengan pesta demokrasi, dengan adanya Pilkada serentak pada Juni 2018 mendatang.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Direktu Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTDirektu Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy.

"Klub yang harus aktif di sana (terkait Pilkada), mungkin beda-beda kebijakannya. Klub tanya ke Polda masing-masing untuk izin pertandingan dan sebagainya. Karena kami tak mau ada perubahan banyak di jadwal, kasihan klub nanti," ujar Tigor.

Sebagai informasi, Liga 1 Indonesia dijadwalkan bergulir mulai tanggal 3 Maret 2018 mendatang dan selesai pada akhir Oktober nanti. Hal itu dilakukan mengingat pada November nanti akan ada Piala AFF 2018 yang kemungkinan cukup lama bergulir mengingat sudah menggunakan format baru.

84