Liga Indonesia

4 Eks Bintang Timnas Indonesia yang Dibekuk Polisi karena Tersandung Kasus Narkoba

Selasa, 27 Maret 2018 13:50 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Beny Rahardjo/INDOSPORT
Isnan Ali Copyright: © Beny Rahardjo/INDOSPORT
Isnan Ali

Nama mantan pemain Timnas Indonesia, Andika Yudistira Lubis, tengah kencang didengungkan karena kasus perampokan dan percobaan pemerkosaan. Sebelum hal ini, ternyata Andika juga sempat melakukan tindakan kriminal lainnya, yaitu kasus kepemilikan obat-obatan terlarang.

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang sangat mengharamkan pemainnya menggunakan obat-obatan terlarang. Citra sepakbola sebagai cabang olahraga yang mementingkan kesehatan fisik sering tercoreng akibat ulah sejumlah pemain yang terjerat dalam kasus narkoba.

Meski demikian, tak sedikit pesepakbola yang justru salah mengartikan kesehatan fisik tersebut. Sejumlah pesepakbola rela menggunakan cara-cara yang tidak fair seperti penggunaan doping dan obat-obatan lain yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan fisik.

Persoalan narkoba ini juga kerap menimpa pesepakbola tanah air. Jauh sebelum Andika, sejumlah eks bintang timnas kedapatan pernah tersandung kasus obat-obatan terlarang. Walau begitu tak semuanya terbukti memakai. Berikut ini INDOSPORT rangkum 4 eks pemain timnas yang pernah tersangkut kasus narkoba.