Liga Indonesia

Bunyi Pasal Statuta FIFA yang Menyebabkan Ezra Walian Tak Boleh Membela Timnas Indonesia

Jumat, 22 Maret 2019 11:09 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© foxsports
3 Alasan Timnas Indonesia U-23 tak perlu panggil Ezra Walian. Copyright: © foxsports
3 Alasan Timnas Indonesia U-23 tak perlu panggil Ezra Walian.

INDOSPORT. COM - Ezra Walian dipastikan tidak boleh lagi membela Timnas Indonesia untuk selama-lamanya. Hal ini menyusul surat resmi yang dikeluarkan oleh FIFA.

Keputusan ini tertuang pada surat FIFA tertanggal 21 Maret 2019, yang ditandatangani oleh Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players Status, Erika Montemor Ferreira. Surat itu juga telah dikirimkan kepada Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

"Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah Asosiasi merujuk kepada fakta bahwa dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai salah satu perwakilan dari tim Belanda," bunyi pernyataan di surat tersebut.

FIFA mengambil kebijakan tersebut lantaran ada peraturan yang telah dilanggar. Terutama soal mekanisme kewarganegaraan dan membela sebuah Tim Nasional.

Berdasarkan surat resmi tadi, FIFA menyatakan bahwa pelarangan Ezra untuk tampil bersama Timnas Indonesia merujuk kepada Statuta FIFA pasal 8 ayat 1.

Pasal itu menjelaskan kalau seorang pemain sepak bola telah bermain di laga resmi internasional, maka dia telah memiliki status kewarganegaraan dari tim yang dibelanya itu.

"Berdasarkan 'Regulations Governing the Application of the FIFA Statutes', pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali meminta pindah kepada Asosiasi yang bisa memberikannya hak bermain, antara lain, bahwa 'pada penampilan penuh atau sebagai pemain pengganti pertamanya di laga internasional resmi untuk asosiasinya, maka dia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang diwakilinya tersebut," tulis surat itu.

Melihat keputusan FIFA tadi, Ezra Walian pun juga dipastikan tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23 di ajang sepak bola kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Padahal, nama Ezra Walian sudah diproyeksikan ke dalam skuat Timnas Indonesia U-23 racikan Indra Sjafri.

Sosok Ezra Walian sendiri sebelumnya sudah pernah melakoni laga internasional bersama Timnas Indonesia. Ia pernah tampil berlaga ketika menghadapi Myanmar (21 Maret 2017), serta SEA Games 2017 Malaysia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas U-23 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

174