Bola Internasional

Pemain 'Jawa' Jadi Kapten Muda Timnas Belanda dan Dijuluki Sergio Ramos

Sabtu, 18 Mei 2019 15:26 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
© ajax.nl
Pemain muda Ajax Amsterdam bernama Jawa, Neraysho Kasanwirjo. Copyright: © ajax.nl
Pemain muda Ajax Amsterdam bernama Jawa, Neraysho Kasanwirjo.

INDOSPORT.COM - Dalam keberhasilan Timnas Belanda U-17 menembus final Piala Eropa U-17 2019, terselip nama khas Jawa dalam diri Neraysho Kasanwirjo.

Dalam kejuaraan Piala Eropa U-17 2019, Neraysho Kasanwirjo dipercaya tampil dua kali kala menghadapi Prancis di fase grup dan Belgia di perempatfinal. Bahkan kala melawan Prancis, Neraysho Kasanwirjo yang berposisi sebagai pemain belakang juga dipercaya mengemban amanat sebagai kapten.

Sebagai talenta muda, nama Neraysho Kasanwirjo memang masih asing di telinga banyak penikmat sepak bola. Namun jika dilihat sepintas, nama belakang Kasanwirjo tentu tak bisa dilepaskan dari nama-nama lokal khas masyarakat Jawa, Indonesia.

Tak mengherankan memang nama belakang Kasanwirjo tersemat dalam pemuda kelahiran 18 Februari 2002 itu. Mengingat dirinya merupakan pemain yang juga memiliki kewarganegaraan Suriname dari orang tuannya. Negara yang sempat menjadi daerah pembuangan orang-orang Jawa di era Kolonial lalu.

Dengan nama tersebut, bisa diduga jelas bahwa Neraysho Kasanwirjo memang memiliki darah keturunan Jawa, yang kemungkinan berasal dari kakek atau neneknya.

Selain nama Kasanwirjo yang identik dengan nama Jawa. Nama depan Neraysho, disebut-sebut juga berkaitan dengan kalimat bahasa Jawa 'nek ra iso' atau yang jika diterjemahkan menjadi 'kalau tidak bisa'.