Liga Indonesia

Bukan Gaji Besar! Ini Alasan Oktafianus Fernando Betah di Persebaya

Kamis, 8 Oktober 2020 03:42 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain klub Liga 1 Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando total sudah membela klubnya itu kurang lebih selama empat tahun. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain klub Liga 1 Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando total sudah membela klubnya itu kurang lebih selama empat tahun.

INDOSPORT.COM - Pemain klub Liga 1 Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando total sudah membela klubnya itu kurang lebih selama empat tahun.

Pemain yang akrab disapa Ofan itu sudah menjadi bagian dari Bajul Ijo sejak musim 2017, saat masih berjuang untuk promosi di Liga 2.

Sepanjang kariernya membela Bajul Ijo itu, banyak prestasi yang berhasil dicapai. Sebut saja seperti meraih juara Liga 2 musim 2017 dan sekaligus mendapatkan tiket promosi ke Liga 1 musim berikutnya.

Tak cukup sampai disitu saja, kakak dari punggawa Timnas Indonesia U-16 Marselino Ferdinan itu juga berhasil membawa Persebaya lebih tinggi berprestasi di beberapa ajang yang lain.

Contohnya seperti runner up Piala Presiden 2019, runner up Liga 1 2019, dan terakhir juara turnamen pra musim Piala Gubernur Jatim 2020.

Meski sudah lama membela Bajul Ijo dan berhasil menyabet sejumlah gelar, Ofan mengatakan tidak ada yang berubah di dalam tim. Suasana kekeluargaan yang dia rasakan sejak bergabung hingga saat ini masih sama.

“Tidak banyak berubah, karena suasana di tim ini. Anak-anak serius saat latihan, tapi kalau sebelum atau sesudah latihan kita selingi dengan guyonan ala Suroboyoan,” jelas Ofan usai menjalani latihan.

Diakui Ofan, dengan suasana Persebaya yang kondusif seperti ini membuatnya dengan cepat mampu beradaptasi, meskipun Bajul Ijo sepanjang perjalanan di kompetisi Liga 1 sering berganti-ganti pelatih.

"Bersyukur dengan suasana tim seperti ini saya bisa cepat beradaptasi," tutup pemain yang tanggal 4 Oktober 2020 kemarin genap berusia 27 tahun.

Ya, cepat beradaptasi yang diungkapkan Ofan itu tak lepas dari sejumlah teman-teman lain yang juga membela Persebaya sudah cukup lama. Beberapa pemain itu di antaranya Rendi Irwan, Rachmad Irianto, Irfan Jaya, dan Abu Rizal Maulana.