Bola Internasional

Andriy Shevchenko Bongkar Kekuatan Inggris, Denmark Bisa Merana

Minggu, 4 Juli 2021 11:55 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Simon Stacpoole/Offside/Offside via Getty Images
Selebrasi para pemain Inggris, usai memenangkan pertandingan babak 16 besar Kejuaraan UEFA Euro 2020 antara Inggris dan Jerman. Copyright: © Simon Stacpoole/Offside/Offside via Getty Images
Selebrasi para pemain Inggris, usai memenangkan pertandingan babak 16 besar Kejuaraan UEFA Euro 2020 antara Inggris dan Jerman.

INDOSPORT.COM - Legenda sekaligus juru taktik Ukraina, Andriy Shevchenko menjabarkan alasan di balik kekalahan telak yang diterima tim asuhannya dari Inggris.

Ukraina harus kandas di tangan Inggris dengan skor 0-4 pada babak perempatfinal Euro 2020, yang digelar di Stadio Olimpico, Roma, pada Sabtu (3/7/21) malam WIB.

Melansir dari laman resmi UEFA, Shevchenko mengakui keunggulan Timnas Inggris salah satunya postur tubuh yang bagus menyempurnakan kemampuan mengendalikan bola sundulan.

“Saya pikir detail kecil memainkan peran kunci dalam permainan. Kami tidak mengatasi bola tinggi dengan baik, Inggris memiliki keunggulan besar di area itu. Jadi sulit untuk kami,” jelas Sheva

Meskipun begitu, Shevchenko menegaskan bahwa timnya telah memberikan perlawanan yang baik sesuai dengan jati diri Ukraina. 

Namun tampaknya masih ada perbedaan kekuatan yang sangat besar dengan Inggris, sehingga Shevchenko memaklumi hasil yang diterima oleh skuatnya.

“Secara umum kami memainkan sepak bola kami; kami tidak mengabaikan prinsip kami. Kami mencoba untuk memberikan perlawanan yang baik melawan oposisi ini," ujar Shevchenko.

"Tetapi gunung ini ternyata terlalu besar untuk kami daki. Mungkin terlalu dini bagi kita untuk mendaki gunung seperti itu,” akunya.

Selain itu, ketidakhadiran salah satu bek andalannya, Serhiy Kryvtsov yang sejatinya bisa mengakomodir serangan udara membuat skuat Zhovto-Blakytni semakin tersudut.

“Fakta bahwa kami kehilangan Serhiy Kryvtsov karena cedera sangat berperan, tentu saja, karena dia adalah bek berpengalaman dan dia bagus di udara. Kami harus mengganti keempat bek,” tuturnya.

Kendati demikian, Shevcenko merasa puas dengan hasil anak-anak asuhnya, karena telah bermain dengan sangat baik terlepas dari hasil apapun.

"Saya pikir kami memiliki turnamen yang hebat. Tim telah memainkan sepak bola yang bagus." puji Shevchenko. 

"Orang-orang melakukan semua yang mereka bisa, dan saya ingin berterima kasih kepada mereka untuk itu hari ini,” tandasnya.