Bola Internasional

Ryan Donk, Diacuhkan Belanda Hingga Turki Malah Debut Bersama Timnas Suriname

Kamis, 15 Juli 2021 13:59 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© David Rosenblum/Icon Sportswire via Getty Images
Ryan Donk, Debut Bersama Suriname di Usia Senja Copyright: © David Rosenblum/Icon Sportswire via Getty Images
Ryan Donk, Debut Bersama Suriname di Usia Senja

INDOSPORT.COM – Melihat perjalan karier Ryan Donk, eks bintang Eredivisie yang diacuhkan Belanda hingga Turki yang akhirnya debut bersama Timnas Suriname di usia senja.

Dalam beberapa tahun terakhir, Timnas Suriname sendiri memang terlihat sangat gencar untuk memperbaiki kualitas sepak bola mereka, khususnya jelang kompetisi Gold Cup 2021.

Meski tak memiliki kompetisi yang kompeten di negara mereka, namun federasi sepak bola Suriname berani ambil langkah tegas dengan menggunakan jasa para pemain keturunan.

Terbukti, pada gelaran Gold Cup 2021 ini skuad Timnas Suriname berisikan hampir 80% pemain keturunan yang tidak lahir di Suriname.

Pemain naturalisasi teranyar yang jadi pasukan Timnas Suriname adalah Sean Klaiber. Melansir dari laman ESPN, disebutkan bahwa Sean Klaiber yang kini berkarir bersama Ajax Amsterdam, memilih karier internasional bersama Suriname ketimbang negara kelahirannya, Belanda.

Dari data Transfermarkt diketahui, bahwa Klaiber yang masih berusia 26 tahun itu lahir di Nieuwegein, Belanda tetapi ia memiliki darah Suriname melalui orang tuanya.

Pada tahun 2018 silam, Klaiber sempat mengumumkan bahwa ia ingin bermain penuh untuk tim nasional Belanda, namun dengan persaingan yang sangat ketat membuatnya menyerah untuk memperkuat The Oranje.

Walau sudah resmi jadi warga negara Suriname, namun Sean Klaiber pernah memainkan pertandingan internasional bersama tim nasional Belanda.

Tercatat, Sean Klaiber sempat dua kali tampil bersama Timnas Belanda U-20 pada 2013, serta Belanda U-21 pada 2015.

Meski begitu, jebolan FC Utrecht ini masih bisa memperkuat Timnas Suriname lantaran caps Belanda yang ia buat hanya pada level senior.

Selain Sean Klaiber, ada juga Ryan Donk yang lebih dulu gabung skuad The Natio. Bedanya, eks West Bromwich Albion itu punya cerita sedikit apes sebelum dinaturalisasi.