Liga Inggris

5 Rekor Menarik di Boxing Day Liga Inggris: MU Jumawa, Newcastle Merana

Sabtu, 25 Desember 2021 08:00 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Berikut lima rekor menarik yang tercipta di Liga Inggris terkait laga-laga Boxing Day, termasuk 2 rekor berkebalikan milik Manchester United dan Newcastle United.

Di saat liga-liga domestik Eropa lainnya menjalani libur akhir tahun, Liga Inggris justru menjadi liga yang sibuk pada momen-momen tersebut.

Seperti diketahui, Liga Inggris punya kebiasaan menggelar pertandingan pada Boxing Day yang jatuh sehari setelah Natal, alias 26 Desember.

Tradisi menggelar laga pada tanggal tersebut di persepakbolaan Inggris bahkan sudah berjalan sejak 1860, dengan laga Sheffield FC vs Hallam FC disebut menjadi laga Boxing Day pertama.

Di musim 2021/2022 ini, sebanyak sembilan laga akan digelar pada 26 Desember 2021 waktu Inggris, atau 26 Desember 2021 malam hingga 27 Desember 2021 dini hari WIB.

Sejumlah rekor unik pun mewarnai laga-laga yang digelar di tanggal istimewa ini, termasuk rekor berkebalikan yang dimiliki Manchester United dan Newcastle United.

Menariknya, di pekan Boxing Day tahun ini, laga Newcastle United vs Manchester United menjadi satu-satunya laga yang tidak digelar pada 26 Desember waktu lokal, tapi sehari setelahnya.

Lantas, apa saja rekor-rekor yang tercatast sepanjang sejarah Liga Inggris? Berikut ulasannya:

Tim Tersukses

Manchester United menjadi tim tersukses di kasta tertinggi Liga Inggris dalam menjalani Boxing Day. Setan Merah tercatat telah meraih 21 kemenangan di Boxing Day, alias yang terbanyak dibandingkan klub-klub lain.

Setan Merah juga tercatat hanya 2 kali kalah selama menjalani Boxing Day yakni dari Middlesbrough pada 2002 dan Stoke pada 2015.

Tim Terburuk

Kondisi berkebalikan dialami Newcastle United. Tim berjuluk The Magpies itu menjadi tim yang paling sering kalah di Boxing Day yakni 15 kali.

Kekalahan ke-15 itu mereka alami tahun lalu saat ditundukkan Manchester City 0-2 lewat gol-gol Ilkay Gundogan dan Ferran Torres.