Liga Indonesia

Dokumen Naturalisasi Sudah Lengkap, PSSI Masih Tunggu Arahan Kemenpora

Selasa, 19 April 2022 16:50 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Peter De Voecht/Photonews via Getty Images
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sudah menerima laporan anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, terkait perkembangan proses naturalisasi pemain keturunan. Copyright: © Peter De Voecht/Photonews via Getty Images
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sudah menerima laporan anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, terkait perkembangan proses naturalisasi pemain keturunan.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sudah menerima laporan anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, terkait perkembangan proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, memang sudah kembali dari tugasnya ke Belanda guna menyambangi pemain-pemain keturunan Indonesia yang akan dinaturalisasi. Hasani Abdulgani bertemu dengan Sandy Walsh serta Jordi Amat.

Usai tugasnya ke negeri Kincir Angin, Hasani pun sudah melaporkan semua kepada ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Iriawan pun sangat puas dan progres keduanya semakin menunjukkan titik cerah. Keduanya sudah menandatangani dokumen yang diperlukan untuk mengurus administrasi di Kementerian Hukum dan HAM.

"Semua pemain yang kita temui di Belgia dan Belanda sangat welcome baik secara pribadi dan keluarga," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Iriawan menambahkan bahwa keduanya pemain ini sangat antusias untuk bisa membela Timnas Indonesia. Bahkan baik Sandy maupun Jordi sudah tidak sabar bermain bersama Timnas Indonesia.

"Mereka sangat antusias untuk segera membela timnas Indonesia," tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Hasani dan Hamdan memang diutus oleh ketua mum PSSI untuk berangkat ke Belanda dan Belgia guna menemui keluarga dan pemain termasuk mengurus segala administrasi terkait proses naturalisasi.

Setelah mendapat laporan lengkap dari Hasani dan Hamdan, Ketua umum PSSI pun meminta Sekjen Yunus Nusi untuk menindaklanjuti proses naturalisasi khususnya untuk Jordi dan Sandy.

Yunus menjelaskan setelah ini bakal meminta arahan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, bagaimana buat tahapan selanjutnya.

"Tentu setelah ini, kita akan minta waktu kepada Menpora untuk melaporkan progres ini. Setelah ada arahan dari Menpora, PSSI akan melangkah ke proses selanjutnya," ujar Yunus Nusi.

PSSI memang berkejaran dengan waktu untuk segera merampungkan proses naturalisasi ini.

PSSI berharap proses naturalisasi ini bisa rampung pada bulan Mei sehingga para pemain ini bisa dimainkan dalam Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang.