Bola Internasional

'Bersyukur' Timnas Indonesia Menang, Media Vietnam: Thailand Bakal Main Tertekan!

Sabtu, 9 Juli 2022 13:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT/Twitter@AFFPresse
Kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina dianggap sebagai 'berkah' bagi Vietnam, sebab akan menyulitkan Thailand untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT/Twitter@AFFPresse
Kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina dianggap sebagai 'berkah' bagi Vietnam, sebab akan menyulitkan Thailand untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM – Kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Filipina dianggap sebagai 'berkah' bagi Vietnam, namun akan menyulitkan Thailand untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Klaim ini diungkapkan oleh Soha, sebuah media lokal di Vietnam, dalam sebuah tulisan bertajuk “Thailand kesulitan ketika harus jalani laga “hidup dan mati” dengan Vietnam, akankah Indonesia diuntungkan?

Artikel yang ditulis oleh Ngo Tra pada Sabtu (09/07/22) ini memperhitungkan peluang Indonesia, Vietnam, dan Thailand merebut dua tempat terbaik Grup A untuk lolos ke fase berikutnya.

Sebagaimana diketahui, ketiga negara kuat ini masing-masing memetik kemenangan di pertandingan ketiga fase penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Vietnam lebih dulu sukses membantai Myanmar 3-1 pada Jumat sore WIB, sesudahnya Thailand juga memetik kemenangan 2-0 atas Brunei Darussalam.

Vietnam dan Thailand saat ini sama-sama mengantongi 10 poin, dengan Vietnam duduk di puncak dengan selisih 9 gol sedangkan Thailand hanya empat gol.

Namun kemudian persaingan dua tempat teratas semakin sengit dengan keberhasilan Timnas Indonesia U-19 menang telak 5-1 atas Filipina pada Jumat malam WIB.

Meski Indonesia masih duduk di posisi ketiga dengan delapan poin, namun skuad besutan Shin Tae-yong itu mengantongi selisih gol 11 yang membuat mereka jadi tim tersubur di ajang ini.

Secara matematis, Indonesia paling punya peluang untuk lolos sebagai juara grup jika mereka mampu menang atas Myanmar di laga terakhir fase grup pada hari Minggu (10/07/22).

Selain syarat tersebut, skuad Shin Tae-yong bisa jadi juara grup jika laga Vietnam vs Thailand berakhir imbang, berapa pun skornya.