Bola Internasional

Media Vietnam 'Kebakaran Jenggot' Dengar Jepang dan Korea Dukung Timnas Indonesia Gabung EAFF

Senin, 25 Juli 2022 16:01 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berita keinginan mundurnya Timnas Indonesia dari Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) ke EAFF tampaknya membuat salah satu media Vietnam ‘kebakaran jenggot'. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berita keinginan mundurnya Timnas Indonesia dari Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) ke EAFF tampaknya membuat salah satu media Vietnam ‘kebakaran jenggot'.

INDOSPORT.COM – Berita keinginan mundurnya Timnas Indonesia dari Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) ke EAFF tampaknya membuat salah satu media Vietnam ‘kebakaran jenggot’.

Media Vietnam, Soha, bahkan turut menanggapi artikel dari INDOSPORT yang mengatakan bahwa Jepang dan Korea kemungkinan mau mendukung Timnas Indonesia untuk bergabung ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

Soha, bahkan memuat kutipan terkait kemungkinan dukungan Jepang dan Korea Selatan agar Indonesia mau berpindah ke EAFF.

Meski sempat terkejut menanggapi isu kepindahan Indonesia ke EAFF. Soha juga mengatakan bahwa pemberitaan tersebut sepenuhnya masih bersifat spekulatif.

Dasar mereka mengatakan demikian karena belum adanya pernyataan resmi dari pimpinan federasi sepak bola di tiga negara yang diberitakan, yakni Jepang, Korea Selatan, dan China.

Polemik keluarnya PSSI dari AFF memang diawali dari gagalnya Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal ajang bergengsi Piala AFF U-19 2022 lalu.

Meski pasukan Shin Tae-yong menang telak 5-1 atas Myanmar di laga pamungkas Grup A, nyatanya Garuda Nusantara secara tragis tetap tersingkir.

Regulasi jadul AFF menentukan bahwa posisi akhir penghuni klasemen adalah head-to-head, selisih gol dan produktivitas gol.

Lantas, Timnas Indonesia U-19 kemudian tersingkir karena kalah head-to-head dari Vietnam dan Thailand yang notabene tak ada satu pun yang saling mengalahkan. Vietnam dan Thailand lolos karena bermain imbang 1-1 lewat laga yang kontroversial.