In-depth

3 Momen Penting Arema FC di Stadion Kanjuruhan: Saksi Kejayaan Singo Edan Rajai Liga Indonesia

Minggu, 2 Oktober 2022 15:43 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Arema FC
Usai insiden yang memakan korban ratusan jiwa selepas laga Arema FC vs Surabaya di Liga 1 Indonesia, nama stadion Kanjuruhan kini jadi sorotan Copyright: © Arema FC
Usai insiden yang memakan korban ratusan jiwa selepas laga Arema FC vs Surabaya di Liga 1 Indonesia, nama stadion Kanjuruhan kini jadi sorotan

INDOSPORT.COM – Usai insiden yang memakan korban ratusan jiwa selepas laga Arema FC vs Surabaya di Liga 1 Indonesia, nama stadion Kanjuruhan kini jadi sorotan. Meski begitu, kandang dari skuat Singo Edan ini punya sederet sejarah manis di kompetisi Tanah Air.

Dunia sepak bola Indonesia tengah berkabung setelah ratusan nyawa melayang buntut chaos yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang selepas laga Arema FC vs Persebaya, Sabtu (01/10/22).

Dalam lanjutan pekan ke-11 Liga 1 22/23 tersebut, Singo Edan menelan pil pahit setelah kalah dengan skor 2-3. Kekalahan ini lah yang memicu kerusuhan selepas laga.

Lontaran gas air mata membuat suasana semakin kacau pada laga home ke-6 bagi Arema FC. Ribuan suporter lantas menjadi korban dari aksi pihak keamanan itu.

Setelah kabar yang beredar simpang siur, pihak kepolisian akhirnya merilis data resmi yang terkumpul sejak Sabtu malam, hingga Minggu (2/10/22) pukul 04:30 WIB.

Pihak kepolisian Daerah Jawa Timur turun langsung dalam memberikan keterangan pers di Polres Malang, Minggu (2/10/22). Turut pula sejumlah Forkopimda, diantaranya Bupati Malang Sanusi beserta jajarannya.

"Berdasarkan data yang kami terima, korban jiwa yang meninggal dunia mencapai 127 orang," ujar Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta melalui press conference.

Jumlah itu merupakan keseluruhan data dari korban yang meninggal dunia. Sebanyak 125 berasal dari suporter yang tak tertolong karena menghirup gas air mata.

"Sementara 2 diantaranya jumlah korban yang meninggal dunia itu, merupakan anggota kepolisian," sambung dia.

Jadi sorotan imbas dari kerusuhan pasca laga Arema FC vs Persebaya, namun dalam sejarahnya nama stadion Kanjuruhan pernah jadi tempat yang paling diagungkan para suporter.

Selain jadi saksi keperkasaan Arema FC, stadion yang terletak di Jalan Trunojoyo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang ini juga pernah mengharumkan nama panpel Singo Edan di Liga Indonesia.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, tiga momen manis Arema FC di Liga Indonesia saat bertanding di Stadion Kanjuruhan: