Bola Internasional

Diabaikan Belanda dan Korsel, Jasper ter Heide Bisa Jadi Saingan Asnawi di Timnas Indonesia

Sabtu, 8 Oktober 2022 06:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Wikipedia/INDOSPORT
Jasper ter Heide lebih mengidamkan Belanda dan Korea Selatan namun sepertinya opsi untuk memperkuat timnas Indonesia tampak semakin realistis baginya. Copyright: © Wikipedia/INDOSPORT
Jasper ter Heide lebih mengidamkan Belanda dan Korea Selatan namun sepertinya opsi untuk memperkuat timnas Indonesia tampak semakin realistis baginya.

INDOSPORT.COM - Jasper ter Heide sebaiknya memang mulai berpikir untuk bergabung dengan timnas Indonesia sebagai pemain naturalisasi saja saat ini.

Dengan tidak kunjung datangnya tawaran untuk membela Belanda dan juga Korea Selatan, maka tentunya ia hanya punya satu pilihan realistis tersisa untuk karier internasionalnya.

Lahir di Amsterdam, Belanda, 23 tahun yang lalu, Ter Heide mendapatkan darah Indonesia dari ibundanya.

Sementara itu akar keturunan Korea Selatan berasal dari ayahnya yang sejak masih muda sudah tinggal di Belanda karena diadopsi.

Maka dari itu, Ter Heide punya kesempatan untuk membela tiga timnas sekaligus yakni Belanda, Indonesia, dan juga Korea Selatan.

Prioritasnya saat ini adalah berbaju De Oranje yang sudah ia perkuat tim juniornya di level U-15, U-16, dan U-19.

Hanya saja kini Jasper ter Heide belum dianggap pantas untuk mendapat caps senior seperti rekan seangkatannya macam Matthijs de Ligt, Donyell Malen, Tyrell Malacia, atau Noa Lang.

Faktor kedekatan dengan budaya Korsel berkat didikan sang ayah juga membuat Ter Heide merasa ingin dipanggil oleh Taegeuk Warriors.

Sayangnya, tidak mudah untuk bisa mendapatkan paspor dari negeri gingseng. Ada syarat berat yang harus setiap pemohon kewarganegaraan jalani.

Yang pertama adalah tinggal di Korea Selatan minimal selama setengah tahun dan juga mau untuk mengikuti wajib militer.