Liga Indonesia

Jadwal Super Padat Liga 1, Gelandang PSIS: Kami Itu Prajurit Harus Siap!

Senin, 5 Desember 2022 15:17 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSIS Semarang
Winger PSIS Semarang, Riyan Ardiansyah. Foto: Copyright: © Media PSIS Semarang
Winger PSIS Semarang, Riyan Ardiansyah. Foto:

INDOSPORT.COM - Gelandang PSIS Semarang, Riyan Ardiansyah, menegaskan kesiapan timnya menatap jadwal Liga 1 Indonesia 2022-2023. Dia sampai mengibaratkan pemain sebagai prajurit yang harus siap kapan saja.

Liga 1 berlanjut dengan sistem bubble. PSIS terjadwal melakoni laga pekan ke-12 dengan menghadapi Madura United di Stadion Manahan Solo, Senin (5/12/22).

Dengan jarak yang relatif dekat, PSIS Semarang baru tiba di Solo, Minggu (4/12/22) siang. Dua jam kemudian, tim langsung berangkat untuk melakoni latihan resmi.

Para pemain memasuki lapangan dengan semangat tinggi. Mereka terlihat sangat serius untuk melanjutkan kompetisi yang sudah tertunda selama dua bulan.

Meski akhirnya berlanjut, Liga 1 akan berjalan tidak mudah. Setiap tim hanya memiliki waktu recovery dua hari menuju laga berikutnya.

Jeda yang sangat pendek ini jelas tak ideal. Namun, Riyan Ardiansyah menegaskan kesiapan Laskar Mahesa Jenar dengan mengibaratkan pemain layaknya prajurit perang.

"Selama dua bulan ini lebih ke jaga psikologis ya, karena kami sudah siap, tiba-tiba tertunda lagi. Persiapan lagi, tertunda lagi, tapi ya ibaratnya kami pemain bola, namanya prajurit, kapan pun liga dimulai harus siap," kata Riyan Ardiansyah, Minggu (4/12/22).

Melakoni jadwal padat sudah menjadi makanan sehar-hari pesepak bola profesional. Ketika mengikuti turnamen internasional, jarak antarlaga juga sangat mepet.

Maka, Riyan menyebut ada program khusus yang dijalankan selama sistem bubble ini. Para pemain harus cerdas dalam menjalani hari demi hari.

"Bagi kami ya pintar-pintar menjaga kondisi saja, seperti mengatur waktu istirahat serta pola makan karena memang mau nggak mau harus menjalankan kompetisi yang super padat ini," tutur Riyan Ardiansyah.