In-depth

3 Modal Kuat Timnas Indonesia untuk Juarai Piala AFF 2022

Jumat, 9 Desember 2022 14:35 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Timnas Indonesia saat latihan di . (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia saat latihan di . (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia punya modal kuat untuk bisa menjuarai Piala AFF 2022. Apa saja itu? 

Turnamen sepak bola terbesar di kawasan Asia Tenggara, Piala AFF 2022, akan kembali bergulir tahun ini mulai Selasa, 20 Desember hingga Senin, 16 Januari 2023 mendatang.

Sejumlah negara peserta terus melakukan persiapan termasuk timnas Indonesia. Tim besutan pelatih Shin Tae-yong itu saat ini sedang melakukan pemusatan latihan atau TC.

Namun persiapan sedikit terganggu karena sejumlah masalah, mulai dari padatnya agenda Shin Tae-yong hingga liburnya kompetisi lokal, Liga 1.

Seperti kita ketahui, Shin Tae-yong juga sedang membagi fokus ke timnas Indonesia U-19, dalam persiapan tampil di Piala Asia dan Piala Dunia U-20 2023.

Belum lagi masalah lainnya yang harus segera dibereskan adalah kondisi stamina para pemain, karena Liga 1 terhenti beberapa pekan lalu.

Sehingga sampai saat ini, TC para pemain Timnas Indonesia masih sebatas genjotan fisik untuk mengembalikan kebugaran para pemain, belum memasuki agenda taktikal.

Padahal Piala AFF 2022 ini bisa jadi edisi yang akan mungkin dimenangkan oleh Timnas Indonesia, setelah enam kali selalu harus puas di posisi runner-up.

Terakhir kali kesempatan timnas Indonesia untuk bisa merebut gelar juara terjadi pada Piala AFF 2020. Namun sayang impian itu gagal terwujud, karena mereka kalah dari Thailand.

Thailand keluar sebagai juara. Pada laga final, Thailand mengalahkan Indonesia dengan agregat 6-2. 

Pasukan Gajah Perang menang dengan skor 4-0 pada leg pertama dan imbang 2-2 pada leg kedua.

Untuk undian sendiri sudah dilaksanakan sejak Agustus lalu. Hasilnya, Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama Kamboja, Filipina, Brunei Darussalam dan Thailand.

Bagi Timnas Indonesia, Piala AFF 2022 menjadi momen yang penting untuk kembali menyalakan harapan merebut gelar juara. Ada tiga modal berharga  yang bisa mereka bawa, apa saja itu?