Bola Internasional

Serba-serbi Piala AFF 2022, dari Aturan di Fase Grup hingga Dominasi Pelatih Asing

Selasa, 20 Desember 2022 10:04 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala AFF 2022. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Piala AFF 2022 menghadirkan sederet serba-serbi menarik jelang perhelatannya di akhir tahun ini. Apa saja sisi menarik di ajang ini?

Jagat sepak bola Asia Tenggara akan disibukkan dengan pesta sepak bola bertajuk Piala AFF 2022 pada akhir tahun ini.

Adapun event dua tahunan tersebut dijadwalkan akan berlangsung mulai hari ini, 20 Desember 2022, dan berakhir pada 16 Januari 2023 mendatang.

Dalam perhelatannya kali ini, AFF selaku penyelenggara telah melakukan Drawing terhitung pada Agustus 2022 lalu yang diikuti oleh 10 negara.

Pada Drawing tersebut, 10 negara atau kontestan ajang ini akan terbagi dalam dua grup yakni grup A dan grup B lalu bertanding dengan sistem Round-Robin.

Dari grup A, dua finalis edisi sebelumnya, Thailand dan Timnas Indonesia, akan salin bertarung dan melawan tiga kontestan lainnya, yakni Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Lalu dari grup B, negara-negara kuat seperti Vietnam, Singapura, Malaysia, Laos, dan Myanmar akan saling tikam untuk memperebutkan tempat di semifinal.

Dari masing-masing grup tersebut, nantinya dua negara di posisi teratas akan otomatis lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022.

Kini setiap kontestan pun telah mempersiapkan diri dan telah memilih daftar pemain yang akan digunakannya sepanjang turnamen ini.

Di balik gelaran Piala AFF 2022 ini, ada sekelumit fakta menarik yang terangkum. Apa saja serba-serbi ajang dua tahunan tersebut di edisi kali ini?