Bola Internasional

Waduh! Suporter Indonesia Injak Bendera Thailand, FAT Layangkan Gugatan ke AFF

Minggu, 1 Januari 2023 18:52 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Suporter Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Suporter Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

INDOSPORT.COM – Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) resmi mengajukan gugatan usai insiden suporter injak bendera di laga timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022 pada Kamis (29/12/22).

Pertandingan Grup A Piala AFF 2022 antara timnas Indonesia vs Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno harus diwarnai aksi tak pantas dari suporter.

Beberapa oknum suporter Indonesia melakukan tindakan kurang baik kepada pemain Thailand ketika hendak menuju Stadion Gelora Bung Karno.

Suporter timnas Indonesia melempari bus timnas Thailand hingga kaca depan pecah serta mengacungkan jari tengah ke tim asuhan Mano Polking.

Namun, tidak hanya itu saja, FAT dibuat geram usai mengetahui suporter Indonesia menginjak-injak bendera Thailand sambil mengacungkan jari tengah.

Berdasarkan laporan dari Soha, Sekretaris Jenderal (Sekjen) FAT, Patit Supaphong telah mengajukan gugatan ke Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) terkait dengan tindakan tak bermoral dari suporter timnas Indonesia.

“FAT telah mengirimkan banyak bukti ke AFF. Sebelum pertandingan, kami memberi tahu Indonesia agar mereka sadar akan perilaku kekerasan. Tapi kasus ini masih terjadi,” ungkap Supaphong.

“Indonesia dan Thailand masih berpeluang bertemu lagi di final. Kami harus memikirkan bagaimana kami siap bertemu di final, jika penggemar masih dengan keadaaan seperti ini,” imbuhnya.

Sekadar informasi, pertandingan antara timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022 berakhir dengan skor imbang 1-1. Dengan hasil ini, Skuat Garuda berada di posisi kedua klasemen.

Sementara itu, Thailand kokoh di posisi puncak. Meski memiliki poin yang sama, Skuat Gajah Perang unggul selisih gol atas timnas Indonesia.