In-depth

Bedah Kekuatan 3 Negara Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022

Selasa, 3 Januari 2023 13:57 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Thailand. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Thailand.

INDOSPORT.COM - Pasca mendulang kemenangan atas Filipina, Timnas Indonesia telah resmi lolos ke semifinal sebagai runner up Grup A Piala AFF 2022.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Timnas Indonesia berhasil menang tipis 2-1 atas Filipina. Dua gol Garuda dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan.

Pelatih Timnas Indonesia yaitu Shin Tae-yong mengucapkan terimakasih kepada para pemain seusai pertandingan. Namun ada kekecewaan darinya karena ada beberapa kesalahan yang masih terjadi di lapangan.

"Pertama-tama, saya ucapkan selamat untuk para pemain setelah masuk ke semifinal. Tetapi untuk pertandingan hari ini saya sangat tidak puas dan tidak senang," ujar Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI.

"Hari ini ada beberapa peluang yang bagus, tapi itu tidak bisa kita manfaatkan dengan baik."

"Setiap selesai pertandingan, saya selalu tegaskan supaya kita bisa mencetak gol ketika mendapatkan kesempatan yang baik. Semifinal leg pertama akan digelar di GBK (Gelora Bung Karno). Kami harus mempersiapkan diri dengan baik supaya tidak mengecewakan fans yang datang ke stadion," tuturnya menambahkan.

Meski menang, Timnas Indonesia tetap harus puas finis di posisi kedua Grup A karena kalah agregat gol dari Thailand. Kini mereka berpotensi bakal bersua lawan kuat yakni Vietnam.

Meski begitu, dua negara lainnya yakni Malaysia dan Singapura juga masih memiliki potensi menjadi lawan Timnas Indonesia.

Lantas seberapa kuat Vietnam, Malaysia dan Singapura yang berpotensi menjadi lawan Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022?