Liga Indonesia

Lolos Verifikasi, Indomilk Arena Bisa Dipakai untuk Putaran Kedua Liga 1

Rabu, 4 Januari 2023 14:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Indomilk Arena, markas Persita Tangerang Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Indomilk Arena, markas Persita Tangerang

INDOSPORT.COM - Tim Mabes Polri bersama dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku pengelola Liga 1 Indonesia 2022-2023 telah memverifikasi markas Persita Tangerang, Indomilk Arena. 

Hasilnya sangat menggembirakan karena venue itu dianggap memungkinkan untuk menggelar pertandingan pada putaran kedua Liga 1 2022-2023.

Verifikasi itu merupakan bagian dari penilaian risiko (risk assessment) untuk mengetahui apakah tim-tim kontestan bisa melanjutkan kompetisi menggunakan sistem home-away.

Risk Assessment dari Mabes Polri memberikan penilaian dalam tiga tingkat, yakni layak menggelar laga dengan penonton, layak menggelar laga tanpa penonton, dan tidak layak menggelar pertandingan.

Parameter yang digunakan untuk penilaian risiko termasuk kelengkapan infrastruktur, mitigasi bencana, jalur evakuasi, dan standar prosedur pelaksanaan pertandingan.

Verifikasi dilakukan pada 27-28 Desember kemarin. Tim dari Mabes Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol. Donny Sabardi dan tim Auditor memeriksa fasilitas dan kesiapan Indomilk Arena bersama dengan Panitia Pelaksana Persita dan Pihak Pengelola Stadion Indomilk Arena.

Turut hadir pula perwakilan dari Polda Banten, Polres Tangsel, manajemen Persita, Dinas Tata Ruang dan Bangunan, Disporabudpar, Diskominfo dan Dinkes Kabupaten Tangerang.

Penilaian risiko ini bertujuan untuk memastikan Indomilk Arena sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk menyelenggarakan pertandingan putaran kedua Liga 1 2022-2023. Pasalnya akan dilakukan sistem kandang-tandang.

Dari hasil penilaian Risk Assessment oleh tim Mabes Polri, Indomilk Arena meraih 70,49 persen, artinya bisa menyelenggarakan pertandingan lanjutan paruh kedua Liga 1 2022-2023.