Liga Indonesia

Borneo FC Resmi Tunjuk Pelatih Baru Pieter Huistra, Eks Penguasa Uzbekistan

Selasa, 21 Februari 2023 12:01 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Borneo FC resmi tunjuk pelatih baru di pertengahan musim Liga 1 2022-2023 dan ia adalah Pieter Huistra, yang dijuluki sebagai 'penguasa Uzbekistan'. Copyright: © Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Borneo FC resmi tunjuk pelatih baru di pertengahan musim Liga 1 2022-2023 dan ia adalah Pieter Huistra, yang dijuluki sebagai 'penguasa Uzbekistan'.

INDOSPORT.COM - Borneo FC resmi tunjuk pelatih baru di pertengahan musim Liga 1 2022-2023. Ia adalah Pieter Huistra, yang dijuluki sebagai 'penguasa Uzbekistan'.

Pieter Huistra resmi ditunjuk sebagai pelatih anyar Borneo FC di Liga 1, menggantikan Andre Gaspar. Hal itu disampaikan melalui laman resmi mereka pada Selasa (21/02/23).

"Borneo FC Samarinda mengumumkan pelatih baru untuk menukangi penggawa dalam sisa kompetisi Liga 1 2022-2023," tertulis di pernyataan resmi Borneo FC.

Pieter Huistra bukan wajah baru di Tanah Air. Ia pernah menjabat sebagai direktur teknik PSSI pada tahun 2014-2015 lalu.

Selain itu, Pieter Huistra juga sempat membesut Timnas Indonesia pada 2015. Sayangnya saat itu, sepak bola Indonesia dibekukan oleh FIFA dan sempat mati suri.

Di kancah dunia, Pieter Huistra pernah membesut sejumlah klub Liga Belanda, seperti FC Groningen, De Graafschap, hingga tim muda Ajax Amsterdam (U-21).

"Tak tanggung-tanggung, klub kebanggaan masyarakat Samarinda ini mendatangkan eks pelatih FC Groningen (Belanda) yakni Pieter Huistra," lanjut pernyataan tersebut.

Sementara di kawasan Asia, Pieter pernah menangani klub asal Uzbekistan, Pakhtakor Tashkent.

Sekadar informasi, Pakhtakor Tashkent adalah salah satu tim kasta tertinggi di Liga Uzbekistan, sementara liga ini adalah salah satu yang terbaik di kancah Asia.

Tak sekadar menjadi pelatih kacangan, Pieter Huistra justru membawa Pakhtakor menjadi penguasa Uzbekistan, meraih titel juara Uzbekistan Super League edisi 2021.