In-depth

3 Kemunduran PSSI di Era Erick Thohir: Naturalisasi Ngaret hingga Tanda Tanya Sekjen

Senin, 6 Maret 2023 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat hadir di Media Center GBK, Minggu (19/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat hadir di Media Center GBK, Minggu (19/02/23).

INDOSPORT.COM - Ada tiga kemunduran PSSI di era kepemimpinan Erick Thohir. Proses naturalisasi mandek hingga posisi Sekretaris Jenderal yang belum ditunjuk.

Erick Thohir baru menjabat beberapa pekan sebagai Ketua Umum PSSI. Namun, sudah ada banyak perkara yang menuai protes dari penggemar sepak bola nasional.

Padahal, banyak harapan yang dititipkan oleh insan sepak bola kepada sosok Erick Thohir, sosok menteri BUMN Indonesia yang juga berpengalaman mengelola klub Eropa. 

Lantas, apa saja tiga kemunduran PSSI di era kepemimpinan Erick Thohir? Berikut ulasan INDOSPORT untuk Anda.

1. Naturalisasi Ngaret

Sebagaimana diketahui, di era Mochamad Iriawan lalu, ada beberapa pemain yang menjalani program naturalisasi, dan prosesnya memakan waktu cukup lama.

Ada beberapa pemain yang proses naturalisasinya belum rampung, yakni pemain yang diharapkan bisa membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Mereka adalah Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick. Namun sejak tampuk kepemimpinan PSSI beralih ke Erick Thohir, nasib ketiga pemain ini jadi menggantung.

Akun instagram @footballtalentnesia menyebutkan Justin Hubner masuk daftar pemain yang dipanggil ke Timnas Belanda U-20, jelang melawan timnas Prancis U-20.

"Untuk saat ini saya tidak tahu soal proses naturalisasi, karena ketua umum yang baru dan lainnya tidak ada yang menghubungi," ungkap Justin Hubner baru-baru ini.

Sementara staf khusus PSSI yang pernah dipekerjakan Moch Iriawan untuk mengurus proses naturalisasi, Hamdan Hamedan juga mengaku kini sudah tidak bertugas lagi.