Liga Indonesia

Coret Sutan Zico dan Rendy Juliansyah dari Timnas U-22, Indra Sjafri: Kualitasnya Enggak Bagus

Sabtu, 11 Maret 2023 10:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri angkat bicara mengenai pencoretan Sutan Zico dan Rendy Juliansyah dari pemusatan latihan jelang SEA Games 2023. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri angkat bicara mengenai pencoretan Sutan Zico dan Rendy Juliansyah dari pemusatan latihan jelang SEA Games 2023. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri angkat bicara mengenai pencoretan Sutan Zico dan Rendy Juliansyah dari pemusatan latihan jelang SEA Games 2023. Dia mengambil keputusan itu karena kualitas kedua pemain itu tidak sesuai kriteria.

Setelah latihan selama sepekan, Indra Sjafri mencoret 17 pemain pada TC tahap pertama, termasuk Sutan Zico dan Rendy yang selama ini jadi langganan Timnas U-16 dan U-19.

Tim pelatih Timnas U-22 melakukan pencoretan berdasarkan evaluasi dan penilaian setelah tiga internal game serta berdasarkan hasil tes fisik, psikologi dan kecerdasan pemain.

"Karena kualitas enggak bagus, kita pulangkan," kata Indra Sjafri saat disinggung soal pencoretan Sutan Zico dan Rendy Juliansyah. 

"Akumulasi dari penilaian penilaian itulah makanya kita, masuk tadi ke pertanyaan Rendy, Zico. Kan ada yang lain yang lebih berkualitas enggak adil dong saya? Ada yang lain yang lebih berkualitas. Walaupun dia dulu pemain Tim nasional. Yang terpilih yang kualitas tertinggi," ujarnya.

Setelah mencoret 17 pemain pada seleksi tahap pertama, Indra Sjafri kemudian memanggil 17 pemain baru. Pemain yang datang akan jalani seleksi tahap kedua mulai 9-16 Maret bersama 17 nama lainnya yang lolos seleksi dari tahap pertama.

Untuk pemain baru, ada beberapa nama familiar yang datang seperti Muhammad Salman, Andre Octaviansyah dan Brylian Aldama dari Persebaya Surabaya. Lalu ada Andy Harjito dan Komang Teguh Trisnanda dari Borneo FC.

Ada pula striker muda Bhayangkara FC yang mulai tampil reguler di Liga 1 2022, Titan Agung dan rekannya David Maulana.

"Jadi kemarin kita sudah pulangkan 17 pemain, lalu kami panggil 17 lagi dari pemain-pemain Liga 2 dan ada dari Persebaya tiga orang," ujar Indra Sjafri.

"Jadi ini gabungan dan saya melihat mereka punya potensi sekali dan saya pikir kalau nanti sudah masuk ke tahap latihan, saya pikir punya prospek untuk menjadi pesaing pemain 2021 yang bermain reguler di Liga 1," ujarnya.