Liga Indonesia

Luis Milla Buka Suara soal 'Menghilangnya' Henhen Herdiana di Persib, Penurunan Performa?

Selasa, 4 April 2023 17:15 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, buka suara mengenai Henhen Herdiana yang menghilang dari DSP dalam lima laga terakhir Liga 1. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, buka suara mengenai Henhen Herdiana yang menghilang dari DSP dalam lima laga terakhir Liga 1.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, buka suara mengenai Henhen Herdiana yang tidak masuk dalam daftar susunan pemain pada lima pertandingan terakhir di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Padahal, sebelumnya pemain yang menggunakan nomor punggung 12 tersebut menjadi salah satu andalan skuad Maung Bandung di kompetisi Liga 1 2022-2023 dan sering tampil penuh.

Namun, dalam lima pertandingan terakhir kompetisi Liga 1 2022-2023, yakni menghadapi Persik Kediri, Persebaya Surabaya, Dewa United, Bhayangkara FC dan Persija Jakarta, Henhen tidak ada dalam skuat Maung Bandung.

Menurut Luis Milla, absennya Henhen pada lima pertandingan kompetisi Liga 1 2022-2023 merupakan hal yang wajar dalam sepak bola. Pasalnya, performa setiap pemain pasti ada naik dan turunnya, seperti yang dialami Henhen saat ini.

Sedangkan, untuk menghadapi pertandingan, pelatih membutuhkan pemain yang kondisinya siap, agar penampilan tim bisa maksimal. Sehingga, pemain yang kondisinya tidak siap pasti akan diistirahatkan dulu.

"Suatu hal yang wajar ketika ada penurunan performa pada karier sepak bola dan itu bisa digantikan oleh pemain lainnya yang bermain lebih bagus," kata Luis Milla di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (03/04/23).

"Itu persaingan dalam hidup, di mana pun timnya pasti akan ada persaingan dan itu yang terjadi terhadap Henhen," tegas Luis Milla menambahkan.

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini menuturkan, pada awal musim penampilan Henhen Herdiana mengalami peningkatkan. Namun, dalam beberapa laga terakhir performa menurun.

Sehingga, posisi Henhen terpaksa digantikan oleh pemain lainnya yang kondisi lebih siap, di antaranya yakni Frets Butuan. Pemain yang menggunakan nomor punggung 21 itu sejauh ini, bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

"Dia (henhen) di awal musim bermain dalam level yang bagus tapi saat ini ketika ada pemain yang menurun level permainannya maka akan digantikan oleh pemain lain," ungkap Luis Milla.

"Di tempat (klub) manapun ini sama, sekarang Henhen kehilangan posisinya dan Frets bermain dengan bagus, Kakang juga bermain bagus, ini adalah hidup, sama halnya pemain dengan kalian jurnalis," ucapnya menambahkan.

Sehingga, Luis Milla kembali menegaskan absennya Henhen dalam lima pertandingan kompetisi Liga 1 2022-2023 merupakan hal yang wajar dalam sepak bola. Apalagi lagi di dalam tim sendiri ada persaingan antarpemain.

"Jadi itu yang terjadi pada Henhen dan bagi saya bagus ketika ada persaingan di dalam tim karena ini akan bagus bagi tim itu sendiri," ujar Luis Milla.