In-depth

Melihat Program Keren Persib, dari Pembinaan hingga Kegiatan Sosial

Selasa, 4 April 2023 20:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung merupakan salah satu tim besar di Indonesia yang memiliki catatan sejarah panjang di sepak bola Tanah Air. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung merupakan salah satu tim besar di Indonesia yang memiliki catatan sejarah panjang di sepak bola Tanah Air. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung merupakan salah satu tim besar di Indonesia yang memiliki catatan sejarah panjang di sepak bola Tanah Air.

Mereka juga memiliki suporter yang sangat loyal yang dikenal dengan sebutan Bobotoh.

Pada 14 Maret 2023 lalu, usia tim berjuluk Maung Bandung ini sudah memasuki 90 tahun. Sejak didirikan, sudah banyak prestasi yang diraih oleh Persib baik di level nasional maupun internasional.

Selain pretasi yang ditorehkan, tim kebanggaan Bobotoh juga memiliki program pembinaan yang bisa dikatakan cukup bagus.Tak sedikit pemain hasil binaannya bisa bermain di tim peserta kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Bahkan sampai memperkuat tim nasional, di antaranya dalam beberapa tahun terakhir mulai dari Febri Hariyadi, Beckham Putra Nugraha, hingga yang terbaru di Timnas Indonesia U-20, Kakang Rudianto dan Robi Darwis.

Pembinaan pemain tersebut, dilakukan Persib melalui Diklat dan Akademi. Bahkan, Akademi Persib di-launching pada 2018 lalu dan bekerja sama dengan Inter Academy Indonesia.

Jadi, Akademi Persib menggunakan kurikulum akademi yang berbsis di Centro Sportivo Giancinto Facchetti, Italia, tersebut.

Akademi ini merupakan after school program untuk anak usia dini terutama usia 10-16 tahun. Selain fokus mengasah kemampuan sepak bola, Akademi Persib ini juga mengedepankan nilai-nilai sportivitas.

Selain itu, Akademi Persib juga rutin menggelar kompetisi internal yakni Persib Academy League (PAL).

Di PAL 2023, mempertandingkan kelompok usia 13 hingga 18 tahun dan diikuti seluruh cabang Akademi Persib dari Kota Bandung (pusat), Bared Patroman, Bogor, Cimahi, Karawang, Pati, Ranggajati, serta Kota Tasikmalaya.