Bola Internasional

Safee Sali Tolak Tawaran Thailand Demi Main di Indonesia: Moyang Saya Orang Jawa

Selasa, 4 April 2023 18:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Mohd Rasfan/AFP via Getty Images
Mantan penyerang Timnas Malaysia, Safee Sali pernah menolak tawaran klub Thailand dan memilih main di Indonesia. Copyright: © Mohd Rasfan/AFP via Getty Images
Mantan penyerang Timnas Malaysia, Safee Sali pernah menolak tawaran klub Thailand dan memilih main di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Legenda sepak bola Malaysia, Safee Sali, mengaku telah menolak tawaran dari klub Thailand, demi bermain di Indonesia, karena ia memiliki silsilah Jawa.

Meski lahir dan besar di Malaysia, bahkan menjadi salah satu striker terbaik di Asia Tenggara, namun Safee Sali mengaku memiliki kedekatan dengan Indonesia.

Menyebut nama Safee Sali, penggemar sepak bola tentu akan terkenang aksinya saat mengubur mimpi timnas Indonesia untuk menjuarai Piala AFF 2010.

Kala itu, timnas Indonesia bertemu Malaysia di babak final. Pada leg pertama, Malaysia menang 3-0, di mana Safee Sali mencetak brace ke gawang Markus Horison.

Pada leg kedua, timnas Indonesia menang 2-1 saat bermain di GBK. Namun satu gol tambahan dari Safee Sali memastikan Malaysia menang agregat di final.

Safee Sali mungkin menjadi tokoh antagonis dalam kegagalan Garuda menjuarai Piala AFF 2010. Namun siapa sangka, setelah itu ia memutuskan untuk bermain di Indonesia.

Setelah membawa Malaysia mengalahkan timnas Indonesia di final Piala AFF 2010, Safee Sali memutuskan untuk bermain di Liga Indonesia, membela tim Pelita Jaya.

Saat hadir menjadi bintang tamu di kanal Youtube Chandra Margatama, Safee Sali mengaku berani mengambil keputusan bermain di Indonesia, karena ia yakin suporter Indonesia sudah dewasa.

"Berani sih (main di Indonesia), karena fans Indonesia membuat saya mau ke sini. Saya tertarik dengan suasana lingkungan sepak bola Indonesia," blak-blakan Safee Sali.

"Suporternya ramai, lingkungannya bagus, jadi saya tertarik untuk main di sini," kata pesepak bola kelahiran 29 Januari 1984 itu.