Bola Internasional

Di Ambang Kena Sanksi FIFA, Ranking Timnas Indonesia Justru Naik

Kamis, 6 April 2023 20:27 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
FIFA baru-baru ini telah merilis ranking paling mutakhir, di mana timnas Indonesia justru mengalami peningkatan meski di ambang terkena sanksi. Foto: Herry Ibrahim/Indosport Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
FIFA baru-baru ini telah merilis ranking paling mutakhir, di mana timnas Indonesia justru mengalami peningkatan meski di ambang terkena sanksi. Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM – FIFA baru-baru ini telah merilis ranking paling mutakhir, di mana timnas Indonesia justru mengalami peningkatan meski di ambang terkena sanksi.

Kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, dikhawatirkan akan membuat sepak bola Tanah Air dikenai sanksi dari FIFA.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir belum lama ini juga menyampaikan bahwa Indonesia tengah bersiap untuk menghadapi sanksi.

Harapannya adalah Indonesia tidak menerima sanksi berat yang berujung dengan dikucilkannya sepak bola Tanah Air dari FIFA.

Tapi, baru-baru ini FIFA justru merilis bahwa ranking timnas Indonesia mengalami peningkatan, meski di ambang terkena sanksi.

Menurut laporan resmi dari FIFA, timnas Indonesia mengalami dua peningkatan yang semula berada di posisi 151 kini berada di urutan ke-149 dengan total 1046,14.

Usut punya usut, peningkatan dengan poin sebesar 12,24 didapatkan menyusul kesuksesan di FIFA Matchday melawan Burundi.

Seperti diketahui, FIFA Matchday merupakan ajang uji coba resmi yang diselenggarakan langsung oleh FIFA untuk setiap negara peserta.

Karena FIFA Matchday masuk dalam kalender FIFA, maka setiap tim nasional memiliki kesempatan untuk memanggil pemainnya yang sedang berada di luar negeri.

Selain itu, pertandingan FIFA Matchday juga bisa membantu menaikkan ranking peserta andai memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik, seperti yang dilakukan Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia.