In-depth

Kronologi Imigrasi Deportasi Wallace Costa, Eks Kapten PSIS yang Dipaksa Pulang ke Brasil

Kamis, 6 April 2023 21:52 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Selebrasi pemain PSIS Semarang, Wallace Costa usai mencetak gol ke gawang Tira-Persikabo di BRI Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Selebrasi pemain PSIS Semarang, Wallace Costa usai mencetak gol ke gawang Tira-Persikabo di BRI Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Inilah kronologi bek asal Brasil, Wallace Costa Alves (WCA), dideportasi Imigrasi pada Kamis (6/4/23) dini hari WIB. Wallace yang sempat jadi andalan PSIS Semarang di Liga 1 mengakhiri perjalanan di Indonesia dengan cara yang tak mengenakkan.

Wallace Costa sejatinya merupakan salah satu pemain dengan menit bermain tinggi di Indonesia. Sebelum menjadi pengangguran sepanjang musim 2022/2023, Wallace merupakan kapten tim PSIS.

Wallace mencatatkan 28 kali kesempatan bermain sepanjang musim 2021/2022. Ia tak sekadar tangguh di lini belakang, namun juga tajam saat menyerang dengan catatan enam gol.

Catatan ini mirip dengan prestasinya bersama PSIS pada Liga 1 2019. Ia bermain 32 kali dan sukses mengemas enam gol.

Sebelum gabung PSIS, Wallace sempat semusim bersama Persela Lamongan dengan catatan 30 kali main dan mencetak empat gol.

Main Tarkam
Sayangnya, prestasi sebagai bek tangguh dalam tiga musim terakhir tak membuat nasibnya berjalan mulus pada musim 2022/2023.

PSIS tak memperpanjang kontraknya dan memilih sosok Alie Sesay pada awal musim. Lalu pada paruh kedua, ketika Alie Sesay keluar, PSIS pilih merekrut gelandang asal Jepang, Ryo Fujii.

Beberapa klub yang sempat menjadi tujuan Wallace pada akhirnya juga memilih nama lain. Akhirnya, sepanjang tahun 2022 hingga awal 2023, Wallace lebih sering terdengar bermain sepak bola antarkampung (tarkam) di berbagai daerah.

Wallace dikabarkan sering bermain di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terakhir, Wallace yang sempat tinggal di Semarang, ternyata sudah bergeser ke Kediri.