Liga Indonesia

Prediksi Liga 1: Persis Solo vs Persebaya Surabaya, Misi Sulit Geser Mahesa Jenar

Jumat, 7 April 2023 11:54 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi pertandingan antara Persis Solo vs Persebaya Surabaya (BRI Liga 1). Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi pertandingan antara Persis Solo vs Persebaya Surabaya (BRI Liga 1).

INDOSPORT.COM - Persis Solo bakal menjalani misi sulit untuk mengalahkan Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-33 Liga 1 2022/2023 di Sleman, Sabtu (08/04/23). Target tiga poin sebagai modal menggeser PSIS Semarang harus dijalani tanpa deretan pilar lini belakang.

Persis Solo ingin menjadi tim terbaik di Jawa Tengah. Maka, pada musim ini mereka mengusung misi untuk memiliki posisi yang lebih baik dari saudara tua, PSIS Semarang.

Namun, kekalahan atas Persib Bandung 1-3 membuat Persis Solo kembali berada di bawah PSIS Semarang. Tim Mahesa Jenar terbang ke posisi sepuluh setelah mencatatkan kemenangan atas PSS Sleman 5-2 dan PSM Makassar 4-0.

Kebangkitan PSIS menjadi sinyal kuning bagi Persis Solo. Mereka harus kembali ke jalur kemenangan jika ingin tetap ada di atas PSIS pada klasemen akhir musim ini.

Jalur kemenangan harus dimulai saat melawan Persebaya Surabaya. Namun, misi ini diprediksi akan berjalan sangat sulit bagi tuan rumah meski ada 2.000 suporter yang akan mendukung.

Persis Solo akan kehilangan nama-nama penghuni lini belakang. Jaimerson Xavier dan Rian Miziar dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning.

Lalu, Muhammad Kanu Helmiawan yang biasa jadi opsi bek tengah sedang berada di Jakarta mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22.

Praktis hanya Sutanto Tan sebagai sosok reguler lini belakang yang tersedia. Ada potensi bahwa Sutanto Tan akan menjalin trio lini belakang bersama Andri Ibo dan Arif Budiyono yang jarang masuk starting eleven.

Untungnya, situasi ini bukan saja dialami Persis Solo. Tim tamu juga kehilangan dua pilar lokal, Koko Ari dan Rizky Ridho yang sudah berpamitan dengan tim sebelum kompetisi selesai.

Pengaruh dari hilangnya dua nama langganan tim inti sangat terasa saat partai melawan Persija Jakarta, meski pengaruh juga datang dari absennya Ze Valente. Kini, strategi compact defense pelatih bakal jadi penentu.